Dorong Pertumbuhan Startup, LKST IPB University Gelar Pelatihan Inkubasi Bisnis Program PRIMEStep Tahun 2023

Dorong Pertumbuhan Startup, LKST IPB University Gelar Pelatihan Inkubasi Bisnis Program PRIMEStep Tahun 2023

Dorong Pertumbuhan Startup, LKST IPB University Gelar Pelatihan Inkubasi Bisnis Program PRIMEStep Tahun 2023
Berita

Lembaga Kawasan Sains dan Teknologi (LKST) IPB University mengadakan pelatihan inkubasi bisnis startup melalui program PRIMEStep tahun 2023 di Savero Style Hotel Bogor (10/11). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan startup terhadap sistem mutu dan keamanan pangan serta cara menghitung valuasi bisnis.

Wakil Kepala Bidang Inkubasi Bisnis dan Kemitraan Industri LKST IPB University, Dr Rokhani mengatakan ada 14 tenant yang terpilih pada program inkubasi bisnis startup ini. Menurutnya, program ini hadir dalam rangka membantu kinerja bisnis startup.

“Selain itu, intensif dari pemerintah yang telah diberikan bisa meningkatkan kinerja perusahaan dan tujuan utama bisa menarik investor dari luar,” ungkap Dr Rohani.

Sementara itu, Kepala LKST IPB University, Prof Erika Budiarti Laconi mengatakan, kita harus bisa meningkatkan regulasi dan kualitas bisnis agar bisa dicari oleh investor. Menurutnya, startup yang memprioritaskan regulasi dan kualitas dapat membangun fondasi yang kokoh untuk pertumbuhan jangka panjang.

“Startup yang dibina IPB University harus naik kelas. Dengan merencanakan secara bijak dan beradaptasi dengan dinamika pasar, startup dapat meningkatkan posisinya dalam mencapai kesuksesan yang berkelanjutan,” tuturnya

Dosen Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB University, Dr Nia Rosiana mengatakan, valuasi bisnis berfokus pada penentuan nilai harga suatu bisnis. Proses ini melibatkan penilaian aset, pendapatan, keuntungan, prospek pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan.

“Pendekatan yang umum digunakan dalam valuasi bisnis melibatkan analisis keuangan, evaluasi risiko dan penilaian terhadap kondisi pasar,” terangnya.

Adapun Direktur Gosystem Consulting, Tetuko Dito Widarso mengungkapkan bahwa sistem mutu dan kualitas saling terkait. Hal ini karena sistem mutu menciptakan kerangka kerja yang memungkinkan pengendalian dan peningkatan kualitas.

Menurutnya, sistem mutu dapat membantu memastikan proses produksi dan penyediaan layanan dilaksanakan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

“Dengan menerapkan sistem mutu yang efektif, perusahaan dapat konsisten menghasilkan produk atau layanan yang melebihi harapan kualitas dan memberikan kepercayaan kepada pelanggan,” ucapnya. (dr)