Tingkatkan Efektivitas Konseling, FPIK IPB University Adakan Upgrading bagi Tim Konseling

Tingkatkan Efektivitas Konseling, FPIK IPB University Adakan Upgrading bagi Tim Konseling

Tingkatkan Efektifitas Konseling, FPIK IPB University Adakan Upgrading bagi Tim Konseling
Berita

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB Kembali mengadakan Upgrading bagi para tim konseling. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan tim konseling FPIK sehingga dapat meningkatkan efektivitas pelaksanaan konseling bagi mahasiswa FPIK, yang dilaksanakan pada 10/10.

Koordinator Tim Konseling FPIK, Dr Iin Solihin mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti tidak hanya oleh tim konseling, tetapi juga mengikutsertakan Komisi Pendidikan dan Komisi Kemahasiswaan di tingkat fakultas dan departemen.

“Kegiatan ini juga mengundang bagian Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa (Adkesma) Badan eksekutif Mahasiswa (BEM) FPIK dan mahasiswa konselor sebaya,” ungkapnya.

Dekan FPIK IPB, Prof Fredinan Yulianda, mengatakan bahwa saat ini menghadapi tantangan kemahasiswaan saat ini berbeda dengan kemahasiswaan masa yang lalu.

“Permasalahan kesehatan mental di kalangan mahasiswa relatif lebih meningkat dengan lebih banyak variasi permasalahannya. Oleh karena itu perlu peran serta dari semua pihak untuk mengatasi permasalahan tersebut,” tuturnya

Lanjutnya, pembentukan tim konselor FPIK dengan berbagai kegiatannya merupakan salah satu upaya dekanat untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan mental mahasiswa.

Narasumber yang dihadirkan yakni Nina Marlina, konselor Griya Harmony Terapi. Ia menyampaikan hasil survei Populix yang menyatakan bahwa satu dari dua penduduk Indonesia mempunyai masalah kesehatan mental.

“Permasalahan kesehatan mental di kalangan mahasiswa bukan terjadi secara tiba tiba pada saat perkuliahan, tetapi merupakan akumulasi dari perjalanan kejiwaan sejak sebelum melaksanakan studi, termasuk kondisi kehidupan keluarganya,” katanya.