Mahasiswa IPB University Ikuti Pelatihan Desain dan Bisnis untuk Produk Kerajinan dan Fashion

Mahasiswa IPB University Ikuti Pelatihan Desain dan Bisnis untuk Produk Kerajinan dan Fashion

Mahasiswa IPB University Ikuti Pelatihan Desain dan Bisnis untuk Produk Kerajinan dan Fashion
Berita

Dalam rangka mengembangkan kreativitas mahasiswa terutama dalam seni, Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM), Fakultas Ekologi Manusia (Fema), IPB University menyelenggarakan Pelatihan Desain dan Bisnis untuk Produk Kerajinan dan Fashion di AMG Connect FEMA, Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Pelatihan ini merupakan kegiatan hibah softskill yang nantinya dapat diklaim untuk Enrichment Course (EC). Peserta yang tergabung dalam pelatihan ini merupakan mahasiswa sarjana se-Jabodetabek yang tertarik dalam dunia seni.

Dr Ninuk Purnaningsih selaku ketua penyelenggara mengungkapkan bahwa output program hibah softskill ini dapat menghasilkan suatu produk yang ditunjukkan di pameran sebagai bentuk tugas akhir dan nantinya pelatihan ini bisa direkognisi menjadi 2 satuan kredit semester (SKS) dalam salah satu mata kuliah EC.

“Kegiatan pelatihan desain dan bisnis dimulai dari bagaimana peserta menggambar dan melukis sebagai kemampuan dasar mendesain produk, membuat business model canvas (BMC) untuk brand sendiri dengan target pasar yang sesuai hingga melakukan pameran brand-nya di pertemuan akhir pelatihan,” ungkap Dr Ninuk.

Narasumber sekaligus pelatih dalam kegiatan tersebut yakni Ayu Ginarani, yang merupakan founder dan CEO Hana Aisha, sebuah bisnis yang berfokus pada watercolour creation in modest fashion.

“Setiap pertemuan yang dihadiri peserta saling terkait satu dengan yang lain, sehingga jika ada peserta yang tidak hadir, maka peserta harus mempelajari materi yang tidak dihadiri. Kegiatan ini menjadi awal untuk mengembangkan kreativitas peserta,” tuturnya.

Lanjutnya, ketertarikan peserta dalam pengembangan bakat dan minat mengenai seni diharapkan dapat memunculkan jiwa entrepreneurship, sehingga setelah lulus mahasiswa mampu membuat bisnis sendiri dan bisa melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak terkait dalam dunia bisnis. (*/Lp)