LKST IPB University Selenggarakan Monev Program Inkubasi Bisnis Startup PRIMESTeP Tahun 2023

LKST IPB University Selenggarakan Monev Program Inkubasi Bisnis Startup PRIMESTeP Tahun 2023

LKST IPB University Selenggarakan Monev Program Inkubasi Bisnis Startup PRIMESTeP Tahun 2023
Berita

Lembaga Kawasan Sains dan Teknologi (LKST) IPB University melaksanakan monitoring dan evaluasi internal kepada 14 startup penerima program Inkubasi Bisnis Startup Batch 1 Tahun 2023 pada Selasa, 17/10 di Gedung Startup Center STP, Kampus IPB Taman Kencana, Bogor.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pemantauan dan pengawasan pelaksanaan program Inkubasi Bisnis Startup Tahun 2023 melalui program ADB Loan 4272-INO: Promoting Research and Innovation Through Modern and Efficient Science and Technology Parks Project (PRIMESTeP) Tahun 2023.

Prof Erika B Laconi selaku Kepala LKST IPB University menekankan pentingnya inovasi dan aspek legal dalam pengelolaan bisnis para startup sehingga produknya dapat bersaing di pasar.

“LKST akan terus memberikan pendampingan kepada para tenant startup agar produknya juga bisa bersaing di tingkat global dan berhasil menarik investor dalam pengembangan usahanya,” lanjut Prof Erika.

Asisten Bidang Inkubator Bisnis LKST, Deva Primadia Almada menyampaikan bahwa target program inkubasi ini cukup menantang. “Setelah 5 tahun program inkubasi, minimal tercapai tiga startup yang memperoleh pendanaan seri lanjutan. Yaitu dua startup mendapatkan pendanaan seri B dan satu startup mendapatkan pendanaan seri C dari Venture Capital, sehingga tentunya dibutuhkan strategi dan perencanaan yang tepat dan matang,” ungkapnya.

Program Inkubasi Bisnis Startup PRIMESTeP ini dilakukan secara multi tahun (2023–2027) untuk menginkubasi minimal 100 startup. Program inkubasi yang diberikan kepada startup terdiri dari workshop, bootcamp, pemberian dana insentif (grant), pendampingan, coaching, mentoring, benchmark, business matching dan expo serta monitoring dan evaluasi (monev).

Untuk mengidentifikasi dan mengetahui hasil luaran, implementasi action plan dan pemanfaatan dana oleh startup dilakukan monev internal oleh tim LKST. Selain itu, dilakukan pula diskusi terkait kinerja usaha startup baik omzet, pengembangan bisnis, kemitraan usaha, kendala yang dihadapi dan solusi yang dilakukan. (stpipb/Lp)