Ketua Departemen ITK: Selamat Bergabung! Mahasiswa ITK Siap Hadapi Tantangan di Dunia Perkuliahan

Ketua Departemen ITK: Selamat Bergabung! Mahasiswa ITK Siap Hadapi Tantangan di Dunia Perkuliahan

Ketua Departemen ITK: Selamat Bergabung! Mahasiswa ITK Siap Hadapi Tantangan di Dunia Perkuliahan
Berita

Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (Himitika), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University menggelar kegiatan puncak Capacity Building Himiteka bertajuk ‘Marine Survival: Membentuk Generasi Mahasiswa ITK yang Proaktif, Adaptif, Berpikir Kritis, dan Beretika dalam Interaksi Sosial’. Acara ini diadakan di Stasiun Lapang Kelautan Palabuhanratu yang dihadiri oleh keluarga besar ITK IPB University meliputi dosen, tenaga kependidikan (tendik), mahasiswa, dan alumni.

Capacity building ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa baru Departemen ITK IPB University yang diharapkan dapat melanjutkan tongkat kepengurusan Himiteka. Selain itu, kegiatan ini menjadi wadah peserta untuk mengenal dan menjalin silaturahmi dengan keluarga besar ITK.

Pada hari puncak ini, peserta diberikan wawasan mengenai marine survival yang bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dan penanganan kondisi darurat saat berkegiatan di pesisir maupun di laut. Materi disampaikan oleh Sri Ratih Deswati, SPi, MSi selaku staf K3L Departemen ITK. Turut hadir Agus Susilo, alumni ITK angkatan 25, yang menyampaikan serta mendorong penguatan kerja sama tim dalam melanjutkan tongkat estafet Himiteka. Peserta juga mengikuti rangkaian kegiatan lainnya berupa outbound sebagai bentuk implementasi dari kerja sama tim dan kekompakan mereka.

“Hari puncak ini tidak hanya dirancang untuk jangka pendek saja. Diharapkan, secara jangka panjang, mahasiswa baru yang akan memasuki dunia perkuliahan di departemen dapat menjalankan proses akademik dan organisasi dengan baik. Apa yang ditanamkan selama berlangsungnya kegiatan semoga dapat menjadi bekal untuk mempersiapkan diri dalam kehidupan dunia pascakampus,” ucap Danni Gilbert selaku ketua pelaksana.

Danni melanjutkan, selain aspek akademis, dalam kegiatan ini juga ditekankan pentingnya pengembangan karakter dan etika sosial. Para peserta dibimbing untuk memahami peran moral mereka dalam interaksi sosial, terutama dalam konteks pekerjaan di lapangan kelautan.

Dalam penutupan kegiatan, Ketua Departemen ITK IPB University, Dr Syamsul Bahri Agus mengapresiasi perjalanan proses capacity building tahun ini. Menurutnya, ini bermanfaat bagi para mahasiswa baru, karena melalui kegiatan ini mereka dapat mempelajari dasar-dasar kerja sama tim dan sebagai gerbang untuk memasuki dunia perkuliahan yang ada di departemen.

“Disaksikan oleh laut, menjadi bukti awal perjalanan kalian di ITK IPB University. Ke depannya masih banyak proses dan tantangan yang akan dihadapi, tetap semangat, jaga teman satu sama lain serta nama baik ITK. Jangan pernah menyerah, karena seorang marinir tidak akan pernah menyerah terhadap lautan,” tutup Dr Syamsul sekaligus menyambut bergabungnya mahasiswa ITK angkatan 59 sebagai bagian dari keluarga besar Departemen ITK IPB University. (RAI/RAT)