Direktorat Kerjasama IPB University Adakan Acara Temu Mitra

Direktorat Kerjasama IPB University Adakan Acara Temu Mitra

Direktorat Kerjasama IPB University Adakan Acara Temu Mitra
Berita

Direktorat Kerjasama IPB University mengadakan acara Temu Mitra yang digelar di IPB International Convention Center (IICC), Bogor, (2/10). Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama antara IPB, industri, lembaga pemerintah dan organisasi non-pemerintah (NGO) dalam rangka menciptakan ekosistem kerja sama yang berkelanjutan dan saling menguntungkan.

Workshop ini menghadirkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, Dr Anwar Sanusi; Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri; Edi Yoga Prasetyo dan Rektor Universitas Al-Azhar Indonesia, Prof Asep Saefuddin sebagai narasumber.

Wakil Rektor IPB University bidang Riset, Inovasi dan Pengembangan Agromaritim, Prof Ernan Rustiadi mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian acara Dies Natalis ke-60 IPB University. Ia menjelaskan, fokus utama IPB University berada di tiga bidang: pertanian, kemaritiman dan biosains tropika, sesuai amanah dari pemerintah.

“Untuk ketiga bidang tersebut, alhamdulillah reputasi IPB University diakui oleh dunia untuk bidang pertanian dan kehutanan masuk ke dalam 100 besar dunia. Di Asia, IPB University urutan ke delapan dan di Asia Tenggara urutan pertama. Ini menunjukkan bahwa para pimpinan terdahulu hingga sekarang mampu menjaga amanah IPB University menjadi terbaik,” ungkap Prof Ernan.

Prof Ernan berharap IPB University dapat memberikan dampak bagi masyarakat luas. Menurut dia, IPB University berkomitmen untuk selalu menjaga hubungan baik dengan para mitra yang selama ini bekerja sama dengan IPB University. “Untuk itu, kami sangat mengapresiasi kerja sama yang selama ini sudah terbentuk,” tuturnya.

Selain itu, ia mengatakan 6,1 persen desa di Indonesia telah mendapatkan sentuhan IPB University, dan niscaya terus bertambah. IPB University akan selalu dekat dengan desa, petani, dan masyarakat. Maka dari itu, sebut Prof Ernan, masukan-masukan dari para mitra merupakan hal yang penting.

Wakil Rektor IPB University bidang Konektivitas Global, Kerjasama dan Alumni, Prof Iskandar Z Siregar menjelaskan bahwa IPB University mendapatkan golden awards untuk kerja sama industri, internasional dan nasional di antara 10 perguruan tinggi negeri badan hukum (PTN-BH). Menurutnya, capaian itu menjadi bukti keseriusan IPB University menjalin dan menjaga kerja sama yang baik dengan para mitra.

“Tentunya ini tidak membuat kita merasa puas, karena kita harus terus memperbaiki. Kita harus terus memikirkan ekosistem tersebut juga menjadi pintu masuk bagi mitra-mitra IPB University,” jelas Prof Iskandar.

Dalam kesempatan sama, Direktur Kerjasama IPB University, Dr Jaenal Effendi mengatakan bahwa kegiatan ini diperlukan untuk membangun ekosistem kerja sama yang baik dengan mitra. “Tahun ini adalah tahun pertama bagi IPB University untuk memulai konsep ekosistem,” tuturnya. (Ns/Rz)