Antusiasme Warga Desa Memeriahkan Program Tigacana Mahasiswa IPB University

Antusiasme Warga Desa Memeriahkan Program Tigacana Mahasiswa IPB University

Antusiasme Warga Desa Memeriahkan Program Tigacana Mahasiswa IPB University
Student Insight

Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PKM PM) Educana IPB University sukses menyelesaikan program Tigacana di Kampung Sempur, Desa Petir, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang terbuka (outdoor) mulai dari titik area rawan longsor hingga titik kumpul yang lebih landai (aman) atau pengungsian.

Kegiatan melibatkan anak-anak desa untuk bermain peran. Pemilihan rute dalam sesi simulasi ini ditujukan agar mereka dapat lebih mendalami peran dalam pelaksanaan simulasi dengan berinteraksi langsung pada lingkungan di sekitar mereka.

Kegiatan ini didukung oleh para stakeholder setempat atas persetujuan dan izin yang disertai dengan pengawasan. Tentu, hal ini penting karena area pemilihan lokasi cukup rawan bagi anak-anak.

Selama kegiatan, para warga turut antusias untuk mengikuti dan menyaksikan kegiatan simulasi, baik pada titik area yang rawan maupun area pengungsian.

“Mengetahui anak-anak akan melaksanakan simulasi, sejumlah warga turut hadir dan mengikuti rangkaian kegiatan kami sejak dimulainya acara di Musala At-Takwa sampai akhir kegiatan,” ungkap Salamah.

Bagi Salamah dan tim, hadirnya masyarakat dalam kegiatan ini merupakan sinyal positif yang menunjukkan keramahan, kesediaan, dan dukungan masyarakat.

“Sebelumnya pun sudah ada ibu-ibu yang ikut hadir dan menunggu anaknya, kadang satu sampai tiga. Namun, di simulasi ini, ibu-ibu yang hadir jauh lebih banyak daripada biasanya,” lanjut Salamah.

Sinyal positif ini dimanfaatkan oleh tim untuk berdiskusi dengan ibu-ibu yang hadir dan menyampaikan niat untuk membentuk kader Educana agar kegiatan edukasi dapat terus berkelanjutan.

“Nantinya, kader Educana akan menjadi tim yang turut mendorong anak-anak agar senantiasa ikut serta dalam kegiatan kami ke depannya,” sambung Salamah.

Berikutnya, sebutnya, akan diselenggarakan puncak dari program Educana, yaitu ‘Kampanye Mitigasi Bencana Longsor’. Sebelum itu, proses pembentukan kader Educana akan dilaksanakan pada rentang waktu antara Tigacana dan campaign. (*/Rz)