Tunjang Lulusan Unggul, IPB University Siapkan 17.000 Akun Microcredentials Bagi Para Mahasiswa

Tunjang Lulusan Unggul, IPB University Siapkan 17.000 Akun Microcredentials Bagi Para Mahasiswa

Tunjang Lulusan Unggul, IPB University Siapkan 17.000 Akun Microcredentials Bagi Para Mahasiswa
Berita

Prof Arif Satria dalam pidatonya di acara Dies Natalis ke-60 IPB University mengatakan bahwa IPB University akan membekali mahasiswa program S1 dan D4 dengan 17.000 akun microcredentials demi menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul dan berdaya saing. Upaya ini merupakan wujud IPB University untuk membantu lulusannya lebih andal dan lebih cepat mendapat pekerjaan.

“Tahun ini, IPB University bersama perusahaan mitra akan membekali para mahasiswa untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi. Kita siapkan 17.000 akun bagi mahasiswa S1 dan D4 mulai tahun ini dan tahun depan dari lembaga microcredentials seperti LinkedIn Learning, Coursera dan Udemy, semuanya dibiayai oleh IPB University,” ujarnya di Grha Widya Wisuda Kampus IPB Dramaga, Jum’at (1/9).

Microcredentials merupakan sertifikasi kompetensi yang dikeluarkan oleh perusahaan setelah seseorang menyelesaikan proses pembelajaran praktik dan mengasah keterampilan dalam waktu relatif singkat. Sertifikasi ini dinilai mampu memberikan mahasiswa nilai dan kualitas lebih di mata para pencari pekerja. Berdasarkan hasil survei, microcredentials yang dikeluarkan oleh provider lebih meyakinkan pemberi kerja. Pelamar kerja akan dinilai lebih kompeten di bidangnya.

Upaya ini juga sejalan dengan visi IPB University dalam menciptakan SDM unggul melalui kurikulum K2020. Mahasiswa akan mendapatkan akses ke ribuan kursus secara daring untuk menunjang skill yang lebih relevan bagi menghadapi tantangan revolusi industri 5.0.

“Ada 21.500 jenis kursus yang disediakan dan dapat diakses sebebas-bebasnya. Bahkan, IPB University juga memikirkan agar semua microcredentials tersebut bisa disetarakan dengan satuan kredit semester (SKS) atau mata kuliah. Upaya ini diharapkan dapat memudahkan mahasiswa dan merupakan bentuk fleksibilitas pembelajaran IPB University,” lanjut dia.

Beberapa jenis skill kompetensi yang disediakan antara lain critical thinking, decision making and problem solving, digital marketing, data analysis, project management, machine learning, strategic planning and strategic thinking dan lain sebagainya. (MW/Rz)