Tim PPK Ormawa BEM FEM IPB University Sosialisasi PHBS Kepada Siswa SDN Cihideung Ilir 06

Tim PPK Ormawa BEM FEM IPB University Sosialisasi PHBS Kepada Siswa SDN Cihideung Ilir 06

Tim PPK Ormawa BEM FEM IPB University Sosialisasi PHBS Kepada Siswa SDN Cihideung Ilir 06
Berita

Mahasiswa IPB University yang tergabung dalam tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen (BEM FEM) melaksanakan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada puluhan siswa SDN Cihideung Ilir 06, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung terciptanya tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals/SDGs) poin ketiga di lingkungan sekolah, yaitu menjamin kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan seluruh penduduk semua usia. Sosialisasi ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan tim PPK Ormawa BEM FEM IPB University, yakni Pojok Literasi Cerdas Peduli Kesehatan (Cepat).

“Sebelum kegiatan dimulai, tim pelaksana mengajak para siswa untuk bernyanyi jingle PHBS secara bersama-sama. Lalu, dilanjutkan dengan perkenalan dan memberikan pre test untuk menilai pengetahuan siswa-siswa terkait PHBS, SDGs dan dokter cilik,” papar Syifa Humairah, perwakilan mahasiswa BEM FEM IPB University.

Selain itu, lanjut dia, dalam sosialisasi ini mahasiswa IPB University menyampaikan materi terkait definisi, urgensi dan poin-poin SDGs, indikator-indikator PHBS, pengetahuan tentang unit kesehatan sekolah (UKS) dan tugas dokter cilik. Materi disampaikan oleh perwakilan dari Departemen Olahraga BEM FEM IPB University.

“Tujuan diadakannya sosialisasi agar siswa-siswa dapat memahami dan menerapkan PHBS yang menjadi salah satu pendukung terciptanya SDGs poin ketiga,” imbuh .

Setelah materi disampaikan, tim pelaksana kembali memberikan post test kepada siswa-siswa untuk menilai pengetahuan mereka setelah penyampaian materi. Di akhir kegiatan, tim pelaksana memberikan reward kepada siswa-siswa yang aktif dan dapat menjawab kuis, bernyanyi dan bermain bersama untuk membangun internalisasi yang baik. (*/Rz)

Sosialisasi SDGs Desa dan PHBS juga disampaikan mahasiswa IPB University kepada anggota Posyandu Desa Cihideung Ilir yang terdiri dari ibu dan anak sejumlah 27 orang. Kegiatan tersebut bertajuk Cerdas Tanggap Sehat (Cegah) yang juga dihadiri oleh Volunteer Sahabat Desa dan Biro Manajemen Internal BEM FEM IPB University.

“Setiap kelompok sasaran diberikan poster pengenalan SDGs dan PHBS agar meningkatan pemahaman mereka, khususnya terkait SDGs Desa poin ketiga, yakni desa sehat dan sejahtera. Hal ini agar setelah sosialisasi disampaikan, masyarakat dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari guna mendukung terciptanya SDGs Desa tersebut,” ulas Puput Melly Guseinnova, penanggung jawab program Cegah.