Kenalkan SDGs Desa, BEM FEM IPB University Usung Program Lingkungan di Desa Cihideung Ilir

Kenalkan SDGs Desa, BEM FEM IPB University Usung Program Lingkungan di Desa Cihideung Ilir

Kenalkan SDGs Desa, BEM FEM IPB University Usung Program Lingkungan di Desa Cihideung Ilir
Student Insight

Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen (BEM FEM IPB University melaksanakan sosialisasi ‘Pengenalan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa dan Program Cerdas Bersih Upaya Lestari’ kepada masyarakat Desa Cihideung Ilir, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kegiatan tersebut dihadiri sebanyak 45 orang warga kelompok sasaran dan para volunteer yang merupakan mahasiswa/i IPB University.

Widya Nur Arifia selaku penanggung jawab mengatakan, “Program Cerdas Bersih Upaya Lestari merupakan kegiatan pelatihan dan praktik pengolahan sampah yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya pelestarian dan kebersihan lingkungan guna mewujudkan SDGs Desa nomor lima belas tentang desa peduli lingkungan.” 

Saat sosialisasi berlangsung, mahasiswa IPB University juga membagikan poster yang berisikan penjelasan singkat program sehingga sasaran dapat lebih memahami dan memiliki gambaran pelaksanaan program. Materi dikemas secara ringan agar masyarakat dapat memahami poin yang disampaikan.

Sa’adah, pengurus Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Hidayatus Sholihin menyambut baik program PPK Ormawa ini. Ia menawarkan PAUD Hidayatus Sholihin untuk digunakan sebagai tempat kegiatan pengabdian.

“Kegiatan atau praktik yang sekiranya membutuhkan tempat yang luas dapat dilaksanakan di PAUD Hidayatus Sholihin agar peserta dapat leluasa dan juga nyaman mengikuti program,” kata dia.

Setelah penyampaian materi, diadakan sesi tanya jawab dan diskusi terkait pelaksanaan program. Mahasiswa IPB University dan masyarakat juga berdiskusi terkait rencana pelaksanaan program agar ke depan kegiatan dapat diikuti dengan baik oleh kedua pihak. (*/Rz)