Kenalkan Digitalisasi Keuangan: PPK Ormawa REESA IPB Gandeng Aplikasi Buku Warung

Kenalkan Digitalisasi Keuangan: PPK Ormawa REESA IPB Gandeng Aplikasi Buku Warung

Kenalkan Digitalisasi Keuangan: PPK Ormawa REESA IPB Gandeng Aplikasi Buku Warung
Student Insight

Tim Program Penguatan Kapasitas Ormawa (PPKO) Resource and Environmental Economics Student Association (REESA) IPB University mengadakan pelatihan administrasi keuangan bagi warga dan pelaku usaha di Desa Cibanteng, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Pelatihan ini bekerja sama dengan aplikasi Buku Warung.

Suherlan, mahasiswa IPB University sekaligus ketua tim menerangkan, rangkaian kegiatan dilengkapi dengan penyampaian materi, diskusi dan praktik langsung. “Dengan diadakannya pelatihan ini, kami berharap para pelaku usaha di Desa Cibanteng dapat meningkatkan pemahamannya terkait keuangan dan keahlian digital,” kata Suherlan.

Dengan kemampuan ini, katanya, masyarakat akan mampu mengelola usaha secara lebih teratur dan efisien. Selain itu juga dapat memanfaatkan berbagai keuntungan tambahan yang ditawarkan oleh Buku Warung, seperti modal usaha tambahan dan layanan transaksi online, serta manfaat lainnya.

Dr Meti Ekayani, selaku dosen pendamping, menyampaikan bahwa pemanfaatan aplikasi pencatatan keuangan seperti Buku Warung penting dilakukan. Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut diharapkan pelaku usaha dapat mengelola keuangan usaha dan rumah tangga dengan baik.

“Pencatatan keuangan ini penting agar keuangan tidak tercampur satu sama lain,” kata Dr Meti Ekayani, dosen IPB University dari Departemen Ekonomi Sumber Daya dan Lingkungan.

Zainal Rizal, selaku Senior Head Buku Warung menyampaikan materi terkait pengelolaan administrasi keuangan. “Sekarang kita lebih takut ketinggalan handphone dari pada ketinggalan dompet. Untuk itu digitalisasi pada era ini sangat potensial karena sangat memudahkan masyarakat,” jelasnya.

Perwakilan pemerintah desa, Sakim dalam sambutannya menyampaikan, “Sebenarnya banyak pelaku usaha di Desa Cibanteng, tetapi masih kurang literasi terkait pencatatan keuangan. Sehingga harapannya, adanya kegiatan ini dapat mengembangkan usaha di Desa Cibanteng,” ujar Sakim, Sekretaris Desa Cibanteng.