IPB University Jalin Kerja Sama dengan Dua Institut Agama Islam Negeri (IAIN)

IPB University Jalin Kerja Sama dengan Dua Institut Agama Islam Negeri (IAIN)

IPB University Jalin Kerja Sama dengan Dua Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Berita

IPB University menandatangani perjanjian kerja sama (MoU) dengan dua Institut Agama Islam Negeri (IAIN) yakni IAIN Palopo dan IAIN Ambon. Acara penandatanganan dilaksanakan di Ruang Sidang Rektor, Kampus IPB Dramaga, Bogor (11/9).

Dalam sambutannya, Rektor IPB University, Prof Arif Satria menyambut baik kedatangan rombongan dari IAIN Palopo juga IAIN Ambon. “Semoga kerja sama ini bisa membuat IPB University dan IAIN saling memperkuat dan men-support untuk kegiatan pendidikan, penelitian maupun pengabdian yang dilakukan di berbagai daerah,” ujar Prof Arif.

Ia menambahkan, IPB University akan selalu membuka kesempatan yang luas, baik kepada mahasiswa maupun dosen IAIN Palopo dan IAIN Ambon untuk saling memperkuat kolaborasi.

Rektor IAIN Palopo, Dr Abbas Langaji berterima kasih telah diterima dan disambut dengan baik di IPB University. Ia menjelaskan bahwa IAIN Palopo membina kurang lebih 10 ribu mahasiswa dan 360 dosen yang beberapa merupakan alumni dari IPB University.

“Kami di sini sudah membawa empat dosen yang akan melaksanakan Exchange Lecturer. Kedatangan kami di sini juga karena kami percaya manajemen di IPB University luar biasa. Hari ini adalah awal dari harapan untuk bisa bekerja sama lebih baik, terutama di bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM),” tuturnya.

Ia berharap agar mahasiswanya diberikan kesempatan untuk mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di IPB University dan akan berusaha menghadirkan dosen IPB University di IAIN Palopo dalam program Exchange Lecturer.

Sementara itu, Rektor IAIN Ambon, Prof Zainal Abidin Rahawarin bersyukur bisa menjalin kerja sama dengan IPB University. IAIN Ambon sudah mempunyai beberapa program studi kemaritiman dan harapannya IAIN Ambon bisa segera bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

“Rencana strategis kami ke depannya adalah berbasis kemaritiman. Untuk itu, kami memilih IPB University karena memiliki SDM yang ahli di bidang kemaritiman, sehingga saya mengajak untuk menggarap rencana tersebut,” ucapnya.

Lanjut Prof Dr Zainal, dengan pembangunan kampus kemaritiman, diharapkan IAIN Ambon bisa memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah dan pusat. Ia berharap bahwa sektor kemaritiman bisa menjadi basis kekuatan yang ada di wilayah timur dan menjadi bagian dari proyek besar nasional. (Lp/Rz)