Tim PKM Tansana IPB University Beri Motivasi Siswa Disabilitas Melalui Smart Motivational Book

Tim PKM Tansana IPB University Beri Motivasi Siswa Disabilitas Melalui Smart Motivational Book

Tim PKM Tansana IPB University Beri Motivasi Siswa Disabilitas Melalui Smart Motivational Book
Berita

Melalui Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian Masyarakat (PKM-PM), Tim Tansana IPB University memberikan edukasi dan motivasi kepada peserta didik penyandang disabilitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) Cahaya Quran. Materi edukasi yang disampaikan bersumber dari Smart Motivational Book yang telah disusun oleh Tim Tansana.

“Motivational session merupakan program berkelanjutan yang akan dilaksanakan secara progresif selama masa pelaksanaan PKM-PM di SLB Cahaya Quran. Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan motivasi kepada peserta didik penyandang disabilitas berdasarkan kisah-kisah inspiratif dari tokoh islami maupun tokoh modern di Indonesia,” ungkap Silvia Zalda Putri, Ketua Tim Tansana.

Silvia menuturkan, kegiatan ini mengangkat urgensi dari motivasi pentingnya kehadiran teman-teman disabilitas untuk dapat berkembang dan berperan bagi dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya di masa depan. Smart Motivational Book memuat cerita inspiratif, prestasi dan karya dari tokoh-tokoh inspirasional di Indonesia, serta pemahaman nilai religius terkait keistimewaan yang diberikan kepada penyandang disabilitas.

“Pada pertemuan pertama ini, kami menyampaikan pengantar berupa nilai-nilai yang menjadi harapan dari buku ini kepada teman-teman disabilitas serta menggali semangat mereka untuk tetap terus termotivasi menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang-orang di sekitarnya,” jelasnya.

Kegiatan yang berlangsung di Aula SLB Cahaya Quran itu terdiri atas beberapa segmen rangkaian yang dilaksanakan mulai dari berdoa dan mengaji bersama menggunakan Al-Qur’an braille serta storytelling tentang kisah kegigihan menuntut ilmu dari seorang tuna netra Sahabat Rasulullah Abdullah bin Ummi Maktum. Metode pembelajaran pun beragam, mulai dari penggunaan kartu dan proyektor, buku pop up Smart Motivation, menonton bersama video animasi serta menggunakan media permainan digital Quizizz.

“Rangkaian kegiatan Smart Motivation Book session hari ini sangat seru karena teman-teman disabilitas juga ikut semangat dan antusias mengikuti setiap segmen kegiatannya. Bahkan mereka saling berusaha mendahului teman yang lain untuk bisa tampil ke depan,” ujar Chandra, salah seorang volunteer dari Tim Tansana.

Dalam kesempatan yang sama, Adrian selaku guru pengajar SLB Cahaya Quran juga menyampaikan antusiasme anak-anak didik di sini sangat tinggi. Terlebih saat mengetahui Tim Tansana IPB University akan datang dan melaksanakan kegiatan bersama di sini.