Tanamkan Semangat Berinovasi Siswa SLB, Mahasiswa IPB University Kenalkan Tokoh Difabel Prestatif

Tanamkan Semangat Berinovasi Siswa SLB, Mahasiswa IPB University Kenalkan Tokoh Difabel Prestatif

Tanamkan Semangat Berinovasi Siswa SLB, Mahasiswa IPB University Kenalkan Tokoh Difabel Prestatif
Berita

Sejumlah mahasiswa IPB University tergabung dalam Tim Tansana Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) melaksanakan kegiatan edukasi bersama penyandang disabilitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) Cahaya Quran Bogor. Kegiatan difokuskan untuk menanamkan semangat siswa dengan mengenalkan tokoh-tokoh penyandang disabilitas prestatif dan inspiratif di tingkat nasional.

Beberapa tokoh difabel inspiratif yang dikenalkan adalah sosok Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Staf Ahli Presiden sekaligus Founder dan CEO dari Thisable Enterprise, Angkie Yudistia.

“Kegiatan hari ini berlangsung lancar dan tentunya menyenangkan bagi teman-teman peserta dengan rentang umur yang masih sangat muda,” ujar Mutia salah seorang anggota tim pelaksana Tansana.

Selain itu, para peserta juga berkenalan dengan maskot Tansana yaitu Tansa dan Nana. Agar suasana makin meriah, mahasiswa IPB University juga mengadakan re-review materi, games berupa dream box yang memuat cita-cita dari tiap peserta dan ice breaking berupa estafet balon dan senam bersama.

Seluruh peserta didik di SLB Cahaya Quran beserta guru dan relawan turut berpartisipasi di kegiatan ini. Mereka menerima informasi terkait sepak terjang perjuangan dari masing-masing tokoh yang diceritakan, termasuk capaian dan prestasinya.

Menurut Adrian salah seorang guru SLB Cahaya Quran, antusiasme dari peserta didik sangat tinggi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Tim Tansana. Bahkan, mereka meminta agar kegiatan ini bisa berlangsung dalam banyak pertemuan.

“Harapannya kegiatan ini dapat memberikan wawasan dan teladan baru bagi teman-teman disabilitas untuk dapat terus berinovasi dan berperan bagi diri dan sekitarnya,” ujarnya.

Sebelumnya, di tempat yang sama, Tim Tansana juga mengadakan kegiatan Smart Motivational Book Session dalam program pelatihan tanggap darurat bencana bagi disabilitas. (*/Rz)