Srikandi Pangan BUMN Beri Inspirasi Mahasiswa IPB University Sukses Berkarir di BUMN

Srikandi Pangan BUMN Beri Inspirasi Mahasiswa IPB University Sukses Berkarir di BUMN

Srikandi Pangan BUMN Beri Inspirasi Mahasiswa IPB University Sukses Berkarir di BUMN
Berita

Direktorat Kemahasiswaan melalui Career Development & Assessment (CDA) IPB University berkolaborasi dengan Srikandi Pangan BUMN mengadakan Srikandi Goes to Campus di Auditorium Andi Hakim Nasution, 28/8. Srikandi pangan merupakan komunitas perempuan yang berkarya di BUMN. Acara ini diselenggarakan dalam rangka memberikan inspirasi untuk menarik minat mahasiswa untuk berkarir di BUMN.

Direktur Kemahasiswaan IPB University, Dr Ujang Suwarna menyampaikan acara ini sangat relevan dengan kondisi mahasiswa saat ini, yang didominasi 60 persen perempuan. Di sisi lain, IPB University memiliki jalur penerimaan ketua OSIS dengan kuota 20 persennya perempuan.

“Sehingga ada peluang keterisian perempuan untuk menjadi leader. Artinya perempuan mulai lebih banyak dari laki-laki,” kata Dr Ujang Suwarna.

Lebih lanjut, Dr Ujang menyampaikan, IPB University mengembangkan program talent mapping untuk melihat bakat dan minat mahasiswa. Dalam talent mapping yang dilakukan sedikitnya ada empat minat karir yang diinginkan mahasiswa. Minat karir yang paling tinggi adalah sebagai profesional, kedua wirausaha, ketiga ada birokrat dan di bidang peneliti/dosen.

Frans Marganda Tambunan, Direktur Utama PT Rajawali Nusantara INdonesia / ID Food, yang merupakan alumni IPB University menyampaikan bahwa perempuan di BUMN berkontribusi signifikan terhadap kemajuan BUMN. Ia menyebut, kemampuan yang dimiliki para srikandi mampu membantu meningkatkan pertumbuhan BUMN.

”Acara ini dalam rangka mendukung komitmen pemerintah Indonesia untuk meningkatkan keterwakilan perempuan dalam berbagai aspek pemerintahan. Sejalan dengan itu, BUMN juga menekankan tentang porsi 25 persen pemimpin perempuan. Keterlibatan perempuan diharapkan mampu membawa dampak signifikan bagi pembangunan, terutama di sektor pangan,” kata Frans Marganda.

Narasumber yang hadir merupakan petinggi perempuan di BUMN bidang pangan yaitu Bernadetta Laras, Direktur SCM dan TI Food ID; Nina Sulistiyowati, Direktur Komersial ID Food; Febby Novita, Direktur Bisnis Forum BULOG. Para narasumber memberikan informasi terkait peran BUMN bidang pangan dalam menjaga ketahanan pangan Indonesia, mendiskusikan kontribusi dan tantangan sebagai perempuan atau generasi muda di sektor pangan, memberikan afirmasi positif kepada mahasiswa untuk berkarir di BUMN. (dh/ra)