SKHB IPB University Hadiri FGD Pembentukan Prodi Kedokteran Hewan Universitas Negeri Padang

SKHB IPB University Hadiri FGD Pembentukan Prodi Kedokteran Hewan Universitas Negeri Padang

SKHB IPB University Hadiri FGD Pembentukan Prodi Kedokteran Hewan Universitas Negeri Padang
Berita

Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University menghadiri undangan focus group discussion (FGD) di Universitas Negeri Padang (UNP). Kegiatan yang digelar di Ruang IPC UNP Hotel itu dalam rangka rencana pembentukan program studi (prodi) S1 kedokteran hewan di UNP.

Tim SKHB IPB University dipimpin langsung oleh dekan, Dr drh Amrozi dan didampingi Dr drh Wahono Esthi Prasetyaningtyas (Ketua Prodi/Kaprodi Program Sarjana Kedokteran Hewan/SKH), Dr drh Sri Murtini (Kaprodi Program Pendidikan Profesi Dokter Hewan/PPDH), Dr drh Kusdiantoro Mohamad dan Dr drh Krido Brahmo Putro.

FGD juga dihadiri oleh Kepala Dinas (Kadis) Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Sukarli, SPt, MSi dan Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Sumbar drh Wahidin Beruh dan para pemangku kepentingan yang lain.

Wakil Rektor UNP, Prof Syahril menyampaikan bahwa pihaknya akan bergerak cepat dalam mewujudkan prodi kedokteran hewan di UNP.

“Kita akan berkoordinasi dan berkolaborasi sepenuhnya dengan IPB University serta PDHI Sumbar, mulai dari penyusunan naskah akademik, kurikulum sampai pembelajaran, sehingga prodi ini memiliki kekhasan dari prodi kedokteran hewan yang lain,” jelas Prof Syahril dalam sambutannya.

Kadis Peternakan Sumbar Sukarli dalam sambutannya mengatakan, “Sumbar sangat butuh dokter hewan, karena itu kita akan selalu memberikan dukungan untuk pembukaan prodi kedokteran hewan ini di UNP.”

Dekan SKHB IPB University menyambut baik niat UNP untuk mendirikan prodi kedokteran hewan. “Sumatera Barat memiliki potensi calon mahasiswa yang besar dengan minat menjadi dokter hewan yang tinggi dari wilayah Sumatera. Berbagai faktor pendukung, tempat magang mahasiswa PPDH, rumah sakit hewan, industri peternakan dan sumber daya manusia (SDM) semua tersedia di Sumatra Barat,” ujar Dr Amrozi dalam sambutannya.

Selama FGD, Dr Esthi dan Dr Sri masing-masing memaparkan kurikulum dan pembelajaran di Prodi SKH dan PPDH SKHB IPB University. Diskusi yang lebih mendalam dilaksanakan selama dua hari antara Tim Task Force UNP dan Tim IPB University. Salah satu usulan dalam FGD ini adalah menjadikan zoonosis dan keamanan pangan sebagai penciri Prodi Kedokteran Hewan UNP. (km/Rz)