Prof Agus S Atmadipoera, Pakar Oceanography IPB University: El Nino Pertanda Baik Akan Munculnya Panen Raya Ikan

Prof Agus S Atmadipoera, Pakar Oceanography IPB University: El Nino Pertanda Baik Akan Munculnya Panen Raya Ikan

Prof Agus S Atmadipoera, Pakar Oceanography IPB University: El Nino Pertanda Baik Akan Munculnya Panen Raya Ikan
Berita

Prof Agus S Atmadipoera, Pakar Oceanography IPB University menyebutkan, fenomena El Nino justru menjadi pertanda baik bagi sektor kelautan di Indonesia. El Nino akan memicu munculnya panen raya ikan di zona upwelling.

“Kalau di daratan, El Nino menjadi momok dalam melemahkan ketahanan pangan nasional. Sebaliknya, di laut fenomena El Nino berdampak positif terhadap peningkatan lumbung ikan nasional,” ungkapnya.

Dijelaskan Prof Agus, penyebab kondisi tersebut adalah intensitas upwelling yang menguat dan suhu air laut cenderung lebih dingin di tahun El Nino. Kondisi ini memicu produktivitas primer laut yang maksimum.

“Kondisi tersebut juga memberikan berkah bagi nelayan nusantara. Panen raya ikan laut ini biasanya berlangsung beberapa bulan setelah puncak El Nino yang diprediksi akan terjadi pada bulan Agustus-September 2023 ini,” imbuh dia.

Melimpahnya ikan di zona ini berkaitan erat dengan penguatan intensitas upwelling di lima zona upwelling nusantara, yakni di perairan selatan Jawa, Laut Banda, Laut Maluku dan Laut Aru.

Upwelling merupakan fenomena naiknya air laut dari lapisan dalam yang membawa air laut kaya nutrien dan suhu lebih dingin ke permukaan. Semakin kuat intensitas upwelling ditandai dengan semakin rendahnya suhu permukaan laut.

“Pasokan nutrien ke dekat permukaan ini memicu proses fotosintesis yang intensif oleh tumbuhan renik (phytoplankton) sebagai produsen primer di laut,” ungkap Prof Agus.

Prof Agus menuturkan bahwa melimpahnya phytoplankton ini menjadi awal rantai makanan di laut, yakni proses pemangsaan oleh zooplankton sebagai konsumer tingkat pertama. Singkatnya, rantai makanan berlanjut hingga sampai akhirnya ke tingkat pemangsaan oleh ikan pelagis besar, seperti ikan tuna dan cakalang.

Adanya fenomena upwelling ini, sebut dia, memberikan prospek bagi nelayan dan industri perikanan laut untuk menggenjot produksi tangkapan ikannya. Namun di sisi lain, pemerintah juga harus mendorong industri perikanan laut untuk mengoptimalkan kondisi ini.

“Pemerintah harus mendorong industri perikanan laut dan nelayan nusantara dalam mengoptimalkan produksi perikanan tangkap dan pascapanen pada panen raya ikan tahun El Nino 2023 ini. Subsidi kelautan dan perikanan juga perlu digelontorkan untuk memperkuat ketahanan pangan nasional, utamanya lumbung ikan nasional,” jelasnya.