Perpanjang Akreditasi Internasional, Prodi Arsitektur Lanskap IPB University Lakukan Temu Awal Dengan Tim Asesor IFLA-APR

Perpanjang Akreditasi Internasional, Prodi Arsitektur Lanskap IPB University Lakukan Temu Awal Dengan Tim Asesor IFLA-APR

Perpanjang Akreditasi Internasional, Prodi Arsitektur Lanskap IPB University Lakukan Temu Awal Dengan Tim Asesor IFLA-APR
Berita

Bertempat di Ruang Sidang Senat Akademik, Gedung Rektorat Andi Hakim Nasution, Kampus IPB Dramaga, Program Studi (Prodi) Arsitektur Lanskap (ARL), Departemen Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian IPB University menerima visitasi akreditasi internasional dari International Federation of Landscape Architects-Asia Pacific Region (IFLA-APR). Tim visitasi terdiri dari tiga asesor yang masing-masing mewakili unsur akademisi yaitu Assoc Prof Mike Barthelmeh (IFLA-APR) selaku ketua tim, beserta anggota terdiri dari Dr Budi Faisal dan Dr Firmansyah dari Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI).

Rangkaian visitasi meliputi temu awal yang dihadiri oleh para Wakil Rektor IPB University beserta jajaran, dilanjutkan review dan diskusi dengan tim asesor di Departemen ARL.

“Prodi ARL IPB University telah terakreditasi oleh IFLA-APR sejak tahun 2018 dan berakhir pada tahun 2023 untuk melakukan reakreditasi,” jelas Prof drh Deni Noviana selaku Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan dalam sambutannya (10/8).

Selama lima tahun, Prodi ARL IPB University senantiasa mendapatkan masukan dari IFLA-APR terkait peningkatan kualitas pendidikan, seperti penambahan galeri, koleksi buku dan keterampilan desain pada mata kuliah.

“Masukan ini bermanfaat dan memberikan perubahan, antara lain pembentukan Kurikulum 2020 (K-2020) yang baru dan penambahan fasilitas fisik di Prodi ARL,” jelas Prof Deni.

Prodi ARL IPB University menghasilkan lulusan sarjana yang berkiprah di tingkat nasional dan internasional. Untuk memperoleh sertifikat keahlian arsitek lanskap, lulusan Prodi ARL IPB University tergabung dalam keanggotaan Indonesian Society of Landscape Architects (ISLA) yang merupakan anggota International Federation of Landscape Architects-Asia Pacific Region (IFLA-APR).

“Oleh karena itu, kami sangat mendukung Prodi ARL untuk memperpanjang akreditasi internasional IFLA-APR. Kami berharap proses reakreditasi ini dapat berjalan lancar dan memberikan hasil yang terbaik bagi Prodi ARL, Fakultas Pertanian dan IPB University,” tandasnya.

“Senang bisa hadir di sini untuk kedua kalinya. Lima tahun yang lalu, kami sangat senang dengan apa yang kami lihat mungkin ada dalam prodi ini. Dan sambutan dari Prof Deni serta laporan yang saya lihat menunjukkan kepada saya bahwa cukup banyak dari hal-hal tersebut telah ditangani. Selama dua hari berikutnya, kami akan melihat perubahan, perkembangan dan peningkatan apa yang telah Prodi ARL IPB University capai selama lima tahun terakhir,” tutur Prof. Mike Barthelmeh mengakhiri temu awal. (HR/Rz)