Mahasiswa IPB University Ikuti Bootcamp UI/UX Intensif Bersama Juara Coding

Mahasiswa IPB University Ikuti Bootcamp UI/UX Intensif Bersama Juara Coding

Mahasiswa IPB University Ikuti Bootcamp UI/UX Intensif Bersama Juara Coding
Berita

Himpunan Profesi Mahasiswa Agribisnis (Hipma) IPB University melalui program Indonesian Agribusiness Fair 3.0 (IAF) menggelar bootcamp pelatihan intensif ‘UI/UX Design for Sustainable Agribusiness Sector’ bersama Juara Coding. Kegiatan ini dilaksanakan secara intensif selama tiga hari di Gedung Fakultas Kedokteran, Kampus IPB Dramaga, Bogor. Acara ini dihadiri oleh puluhan peserta yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Sekolah Vokasi dan Sekolah Bisnis IPB University.

Dalam kegiatan ini, para peserta dikenalkan tentang sistem usaha agribisnis dan permasalahan yang dihadapinya. Selanjutnya, mereka mempelajari design thinking and ideation, visual design by wireframing dan pembuatan portofolio.

“Tujuan utama dari pelatihan ini adalah memberikan peningkatan pada softskill dan hardskill peserta untuk ikut serta berkontribusi dalam pengembangan sektor agribisnis. Melalui pelatihan ini, peserta diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam pemanfaatan UI/UX design pada sektor agribisnis,” tutur Shafwa Nursabila, perwakilan Hipma IPB University.

Selain itu, lanjut dia, peserta juga diharapkan mampu memahami pentingnya peran UI/UX dalam mengatasi masalah-masalah di dunia agribisnis serta mendapatkan keterampilan yang dapat diimplementasikan dalam bisnis mereka. Pelatihan ini memberikan peluang bagi peserta untuk memperluas jaringan profesional dan membuka peluang kolaborasi di masa depan.

“Dalam mendukung hal tersebut, IAF 3.0 menjalin kerja sama dengan Juara Coding, lembaga training coding profesional. Juara Coding memberikan materi secara interaktif mengenai dasar-dasar teori UI/UX design hingga praktik dengan website editing Figma kepada peserta pelatihan, sehingga mereka mendapatkan umpan balik untuk mengukur skillnya,” ulas dia.

Shafwa mengatakan, meskipun pelatihan UI/UX design hanya berlangsung selama dua hari, para peserta tetap berhasil menunjukkan perkembangan skill prototyping secara signifikan. Respon positif dari peserta terhadap pelatihan ini tercermin dalam hasil survei kepuasan yang dilakukan oleh panitia. Bagi Shafwa, hal tersebut menunjukkan kualitas materi dan kurikulum Juara Coding efektif membantu peserta memahami UI/UX design dengan cepat.

“Senang karena bisa belajar mengenai UI/UX design, benar-benar menambah wawasan saya,” ungkap Ilmi Zahra, mahasiswa FEM IPB University, salah satu peserta pelatihan.

Selanjutnya, Juara Coding juga menyatakan minat untuk menjalin kerja sama lebih lanjut dengan Departemen Agribisnis IPB University. “Udah bagus sekali kegiatannya, Ternyata se-antusias itu rekanan yang mengikuti UI/UX ini. Pastinya kami siap berkolaborasi lagi jika ada kesempatan di masa mendatang,” ujar Priscilia, Tim Marketing Juara Coding. (*/Rz)