Mahasiswa IPB University Bersama Dompet Dhuafa Tanam 1.000 Mangrove di Pantai Bahagia

Mahasiswa IPB University Bersama Dompet Dhuafa Tanam 1.000 Mangrove di Pantai Bahagia

Mahasiswa IPB University Bersama Dompet Dhuafa Tanam 1.000 Mangrove di Pantai Bahagia
Berita

Sejumlah mahasiswa IPB University mengadakan sinergi aksi lingkungan dengan menanam 1.000 mangrove di Pantai Bahagia, Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat. Aksi bertema ‘Mangrove Lestari, Ciptakan Bumi Berseri’ ini merupakan kolaborasi antara seluruh elemen mahasiswa, warga dan lembaga swadaya masyarakat di wilayah Jakarta, salah satunya Dompet Dhuafa.

Salah satu mahasiswa IPB University yang terlibat, Latif Hidayatul Ikhsan mengatakan, mangrove memiliki fungsi yang sangat menguntungkan bagi alam, baik dari segi fisik, biologi maupun ekonomi. “Keadaan meningkatnya pemanasan global menggugah kita untuk melakukan salah satu tindakan pencegahan dengan menanam mangrove,” tuturnya.

Ia mengatakan, keberadaan hutan mangrove sangat vital dalam menjaga dan mencegah bumi dari dampak perubahan iklim, selain pemanasan global. Manfaat lain hutan mangrove di antaranya untuk menjaga iklim dan cuaca, wisata, sumber pakan ternak, mencegah abrasi kawasan pesisir, tempat berlabuh pantai hingga pengembangan ilmu pengetahuan.

“Pemuda harus berperan aktif dalam menjaga alam. Jangan sampai bumi kita untuk nanti kita tinggali bersama anak cucu kita terasa kurang nyaman atau rusak, maka dari itu mari saling mengajak kebaikan dalam menjaga lingkungan, minimalnya menjaga lingkungan dari sampah,” ujar Latif yang juga Koordinator Forum Nasional Sosial Masyarakat (Fornassosmas) Badan Eksekutif Mahasiswa Se-Indonesia (BEM-SI) wilayah IV.

Suwarna selaku warga Desa Muara Gembong mengaku sangat menyambut kegiatan mahasiswa IPB University dalam penanaman mangrove. Ia juga menantikan program pemberdayaan lain dari para generasi muda. “Kami sangat bersyukur kita saling menjaga bumi yang kita cintai bersama,” ulasnya. (*/Rz)