Mahasiswa IPB University Ajak Ibu-Ibu PKK Desa Benteng Manfaatkan Bunga Telang

Mahasiswa IPB University Ajak Ibu-Ibu PKK Desa Benteng Manfaatkan Bunga Telang

Mahasiswa IPB University Ajak Ibu-Ibu PKK Desa Benteng Manfaatkan Bunga Telang
Berita

Tim Pelaksana Penguatan Program Kapasitas (PPK), Organisasi Kemahasiswaan, DPM Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM), IPB University mengajak ibu-ibu PKK RW 6 Desa Benteng untuk memanfaatkan bunga telang.

Ade Dermawan Maulana, Ketua Tim Pelaksana PPK Ormawa DPM, mengatakan bunga telang yang melimpah dimanfaatkan untuk membuat berbagai produk, seperti teh dan selai. “Pembuatan teh dan selai dari bunga telang ini cukup mudah, ibu-ibu dapat membuatnya di rumah dengan alat dan bahannya pun cukup mudah bahkan dapat dijumpai di sekitar kita,” ujarnya.

Ia melanjutkan, pembuatan teh dari bunga telang terbilang cukup sederhana. Bunga telang dikeringkan menggunakan oven selama 4 jam atau dikeringkan dengan cara manual di bawah sinar matahari selama 1-2 hari. Selanjutnya diolah seperti pembuatan teh pada umumnya.

Setelah pembuatan teh bunga telang, Ade bersama tim melanjutkan demonstrasi pembuatan selai dari bunga telang. Sembari melakukan pembuatan selai bunga telang, tim pelaksana PPK Ormawa DPM FEM IPB University juga berdiskusi dengan ibu-ibu PKK terkait manfaat bunga telang, bagaimana pengolahan bunga telang menjadi produk makanan, dan bagaimana peluang pasar dari olahan bunga telang.

Dr Ahyar Ismail, selaku dosen pembimbing mengatakan, “Kandungan fitokimia yang kaya dalam bunga telang memberikan potensi berbagai manfaat kesehatan yang jarang diketahui oleh banyak orang, salah satu manfaat bunga telang adalah kemampuannya sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.”

Ai Susilawati, Ketua PKK RW 6 Desa Benteng, mengatakan, ibu-ibu PKK antusias untuk melihat bagaimana cara pembuatan teh dan selai dari bunga telang. Ia menyebut, mereka baru mengetahui bahwa bunga telang dapat dijadikan teh dan selai yang enak untuk dikonsumsi dan menyehatkan.

“Terima kasih kepada adik-adik mahasiswa IPB University yang sudah memberikan edukasi kepada kami mengenai pembuatan teh dan selai dari bunga telang. Harapannya, program seperti ini bisa diperbanyak lagi karena akan sangat bermanfaat untuk kita semua,” katanya.