Himiteka IPB University Inisiasi Coastal Clean Up di Pantai Teluk Terima

Himiteka IPB University Inisiasi Coastal Clean Up di Pantai Teluk Terima

Himiteka IPB University Inisiasi Coastal Clean Up di Pantai Teluk Terima
Berita

Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (Himiteka) IPB University menginisiasi kegiatan pembersihan pantai atau coastal clean-up di wilayah Pantai Teluk Terima, Buleleng, Bali. Kegiatan ini sebagai salah satu implementasi pengabdian mahasiswa ke masyarakat dalam mengurangi dampak sampah plastik terhadap ekosistem laut. Sedikitnya lebih dari 40 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan tenaga kependidikan turun tangan membersihkan pantai dari sampah laut yang dapat merusak ekosistem.

“Kegiatan ini sebagai langkah nyata kami dalam upaya melestarikan lingkungan laut. Sampah laut, khususnya plastik, tidak hanya membahayakan organisme laut, tetapi kesehatan manusia sendiri juga terdampak. Oleh sebab itu, kami ingin memotivasi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dengan membiasakan kegiatan coastal clean-up,” ungkap Muhammad Iqbal, MSi, selaku Ketua Komisi Kemahasiswaan Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, IPB University yang juga terlibat dalam kegiatan tersebut.

Ia melanjutkan, berbekal alat kebersihan dan kantong besar, kami berhasil mengumpulkan sampah plastik, tali jaring, dan berbagai macam limbah laut lainnya. Kami juga memberikan penyuluhan tentang dampak negatif plastik terhadap laut serta bagaimana menjaga kebersihan pantai dan lingkungan.

Friansyah, mahasiswa IPB University sekaligus Ketua Panitia menjelaskan, coastal clean-up menjadi kegiatan rutin yang kami lakukan sebagai mahasiswa kelautan jika berkunjung
atau berkegiatan di wilayah pesisir. Ia menegaskan tentang pentingnya menjaga lingkungan pesisir menjadi tugas bersama, sebagai mahasiswa, kami menyuarakan ini kepada pihak masyarakat setempat.

“Dimulai dari sosialisasi kepada anak-anak SMP tentang pentingnya mengurangi sampah yg beredar di lingkungan pesisir, dengan demikian, pengetahuan tersebut dapat tertanam hingga dewasa kelak bahkan mampu mengingatkan para rumah tangga yang masih memiliki sifat kurang sadar akan kebersihan sampah,” kata Friansyah.

Sementara, Ali Purwanto, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah 1 merasa sangat terbantu dengan inisiatif mahasiswa dalam membersihkan pantai. Harapannya, kegiatan pembersihan pantai ini akan terus berlanjut dan melibatkan partisipasi aktif masyarakat.

“Kami mengapresiasi semangat teman-teman mahasiswa dalam menginisiasi kegiatan ini, semoga dapat berlangsung di lokasi manapun teman-teman berkegiatan. Sebab langkah kecil ini, jika diikuti dengan konsistensi, dapat memberikan dampak besar dalam menjaga lingkungan laut,” ujar Ali. (DIK/RAT/ra)