Gagas Program Cermat, BEM FEM IPB University Kenalkan Literasi Numerasi dan Berpikir Komputasional

Gagas Program Cermat, BEM FEM IPB University Kenalkan Literasi Numerasi dan Berpikir Komputasional

Gagas Program Cermat, BEM FEM IPB University Kenalkan Literasi Numerasi dan Berpikir Komputasional
Berita

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen (BEM FEM) IPB University menggagas pojok literasi Cerdas Terampil Matematika (Cermat) di Desa Cihideung Ilir, Bogor, Jawa Barat melalui Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa). Kegiatan ini dirancang untuk mewujudkan Desa Cihideung Ilir cerdas, merata dan gemilang (Cemerlang) berbasis tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) Desa.

“BEM FEM IPB University kembali hadir di Desa Cihideung Ilir untuk bersama-sama dengan masyarakat dalam upaya mewujudkan Desa Cerdas. Program Cermat ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat capaian hasil belajar siswa SD/MI Kabupaten Bogor di bagian kemampuan literasi dan kemampuan numerik yang berada di bawah kompetensi minimum yakni kurang dari 50 persen,” ungkap Dwi Bayu Saputra, penanggung jawab Pojok Cermat.

Ia menuturkan, program ini diikuti oleh siswa kelas 4 SDN Cihideung Ilir 04. Kegiatan diisi dengan penjelasan mengenai pengertian literasi, pengertian numerasi dan pengenalan konsep berpikir komputasional yang diakhiri dengan sesi ice breaking.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap agar mitra program dapat lebih paham mengenai program Cermat. Output lain yang diharapkan yakni agar para murid kelas 4 SDN Cihideung Ilir dapat mulai mengenal literasi, numerasi dan berpikir komputasional,” kata dia.

“Kami optimis pojok literasi ini bersama dengan para mitra dapat berkolaborasi untuk berupaya mewujudkan SDGs Desa nomor 4 tentang desa peduli pendidikan melalui pengajaran dan pembelajaran yang melatih kemampuan siswa dalam penyelesaian masalah. Melalui program ini, harapannya dapat mengembangkan life skill masyarakat desa dengan berfokus pada bidang pendidikan, ekonomi, lingkungan dan kesehatan,” pungkasnya. (*/Rz)