FEM IPB University Kembangkan Student Hub dan Digital Library

FEM IPB University Kembangkan Student Hub dan Digital Library

FEM IPB University Kembangkan Student Hub dan Digital Library
Berita

Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB University kini mengembangkan Student Hub sebagai pusat aktivitas kegiatan mahasiswa. Ini merupakan
salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas layanan akademik dan kemahasiswaan di lingkungan FEM IPB University.

Dalam Student Hub, seluruh sekretariat organisasi kemahasiswaan (ormawa) terintegrasi dalam satu area sehingga diharapkan akan semakin memperkuat soliditas dan kebersamaan para mahasiswa. “Keberadaan student hub diharapkan dapat memicu peningkatan kualitas kegiatan kemahasiswaan ke arah yang lebih produktif,” ujar Dekan FEM IPB University, Dr Irfan Syauqi Beik.

Selain itu, kata dia, untuk meningkatkan akses dan daya baca mahasiswa dan civitas akademika lainnya, pihaknya berkolaborasi dengan IPB Press mengembangkan perpustakaan digital (digital library). Perpustakaan digital ini memberikan layanan akses membaca buku, majalah dan literatur lainnya secara digital, dengan cara melakukan scan pada barcode yang tersedia di sejumlah titik.

Kepala Badan Pengembangan Bisnis, Investasi dan Wakaf (BP Biswaf) IPB University, Dr Naufal Mahfudz menyatakan bahwa kolaborasi ini merupakan langkah nyata dalam menyinergikan semua potensi yang ada di lingkungan IPB University. “Ini adalah percontohan yang juga diharapkan bisa direplikasi di fakultas dan sekolah yang ada di IPB University,” tuturnya.

Ke depan, kedua pihak berharap perpustakaan digital ini bisa dikembangkan untuk menjangkau wilayah-wilayah pedesaan melalui program Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) mahasiswa IPB University mulai tahun 2024. Diharapkan, di setiap lokasi KKN-T, akan ada akses layanan perpustakaan digital yang bisa dinikmati masyarakat pedesaan. “Ini akan menambah sumbangsih IPB University dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat,” kata Dr Naufal.

Turut hadir dalam peresmian kedua layanan tersebut antara lain Wakil Dekan FEM IPB University bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr Anna Fariyanti, Direktur IPB Press Erick Wahyudyono, para ketua dan sekretaris departemen, komisi kemahasiswaan dan pimpinan ormawa di lingkungan FEM.

“Insya Allah ke depan, kita akan gerakkan wakaf dan donasi buku dan literatur untuk perpustakaan digital ini, bekerja sama dengan BP Biswaf IPB University,” tutup Dr Irfan. (*/Rz)