Ecologica PSL IPB University Adakan Perayaan HUT RI dari Pesisir

Ecologica PSL IPB University Adakan Perayaan HUT RI dari Pesisir

Ecologica PSL IPB University Adakan Perayaan HUT RI dari Pesisir
Berita

Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSL) IPB University atau Ecologica mengadakan aksi sosial dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-78 RI. Kegiatan ini melibatkan sebanyak 21 perwakilan mahasiswa magister dan doktor Prodi PSL IPB University yang dilaksanakan di Kelurahan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

“Agenda diawali dengan pelaksanaan sosialisasi pentingnya sumber daya pesisir seperti padang lamun, mangrove dan terumbu karang yang dilaksanakan di SMKN 61 Jakarta yang diikuti dengan antusias oleh seluruh siswa. Selain itu, dilaksanakan lomba rangking 1 bertema pelestarian lingkungan bagi siswa SMPN 241 Jakarta yang berlangsung meriah,” kata Septa Riadi, selaku humas kegiatan.

Bersamaan dengan itu, lanjut dia, dilaksanakan juga lomba mewarnai bagi siswa SDN Pulau Tidung 03 Pagi dengan tema lingkungan pantai. Dari kegiatan ini, para siswa dapat mengekspresikan karya seni mereka melalui gambar dan warna.

Dalam mengenang bangsa Indonesia sebagai bangsa Bahari, Ecologica PSL IPB University melakukan Upacara Perayaan HUT RI di pantai Pulau Tidung Kecil yang diikuti oleh seluruh peserta dengan hikmat. Setelah upacara selesai, peserta melanjutkan kegiatan dengan menanam sebanyak 500 batang pohon mangrove. Hal ini bertujuan mempertahankan garis pantai dari abrasi gelombang laut.

“Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan aksi bersih-bersih pantai. Puluhan karung sampah terisi dengan berbagai jenis sampah baik yang berasal dari pengunjung maupun yang terbawa oleh arus laut,” imbuh Septa.

Sementara aksi bersih pantai berlangsung, sebagian peserta yang lain melakukan pemetaan sumber daya di sekeliling pulau tidung kecil terutama ekosistem padang lamun, ekosistem mangrove dan jenis fauna yang ada di pulau tidung terutama burung. Pemetaan ini akan membantu para pengambil kebijakan untuk menentukan kelestarian Pulau Tidung di masa mendatang.

Ketua Ecologica IPB University, Gde Oka Widiyavedanta menyatakan, “Kegiatan ini merupakan wujud bakti mahasiswa PSL IPB University terhadap ibu pertiwi dalam rangka merayakan HUT ke-78 RI, juga pengamalan tri dharma perguruan tinggi dan visi misi Ecologica. Kami mengharapkan bisa membawa dampak positif bagi masyarakat Pulau Tidung dan para wisatawan serta pengunjung.”

Ketua pelaksana kegiatan, Ishlahul Fikri berharap kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin bagi kepengurusan Ecologica tahun berikutnya. Berlangsungnya kegiatan ini tidak lepas dari dukungan sejumlah pihak, antara lain Bank Rakyat Indonesia (BRI), Seameo Biotrop, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, PT Aneka Tambang, Maritim Muda Nusantara dan PT Agro Apis Palacio. (*/Rz)