DKSRA IPB University Selenggarakan Sharing Session Bahas Peningkatan Impact Jurnal

DKSRA IPB University Selenggarakan Sharing Session Bahas Peningkatan Impact Jurnal

DKSRA IPB University Selenggarakan Sharing Session Bahas Peningkatan Impact Jurnal
Berita

Direktorat Kajian Strategis dan Reputasi Akademik mengadakan kegiatan Sharing Session “How to Publish in High-Impact Top Journal,” secara hybrid, 23/8. Kegiatan ini mengundang Prof Ramayah Thurasamy dari Sekolah Manajemen, Universiti Sains Malaysia.

Prof Anuraga Jayanegara, Direktur Kajian Strategis dan Reputasi Akademik IPB University, mengungkapkan bahwa kegiatan ini diadakan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi IPB University. “IPB University ingin meningkatkan kontribusi dalam jurnal high-impact,” katanya.

Menurutnya, artikel dan jurnal IPB University yang terindeks Scopus Q1 berada pada angka 18 persen. “Oleh karena itu, kita masih harus bekerja lebih keras. Sebagai perbandingan, persentase jurnal dan artikel yang terindeks Scopus Q1 Institut Teknologi Bandung berada pada angka 33 persen,” ujarnya.

Ia mengaku senang dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut. “Kami sangat senang mengadakan acara ini dan semoga kegiatan ini memberikan manfaat dan masukan kepada para audiens untuk dapat mengeluarkan publikasi pada jurnal high-impact,” kata Prof Anuraga, dosen IPB University dari Fakultas Peternakan.

Dalam kesempatan ini, Prof Ramayah menyampaikan bahwa mempublikasi jurnal dan artikel memerlukan sebuah proses, seperti melewati banyak pintu dengan proses yang panjang. Ia juga menyampaikan tentang pentingnya untuk me-review jurnal orang lain.

“Ketika kita membaca artikel yang ditulis sendiri, semua terlihat baik dan cantik. Namun ketika kita membaca artikel orang lain, kita dapat dengan detail mengidentifikasi kesalahannya,” ujarnya.

Dengan adanya sharing session, harapannya dapat terjadi peningkatan kapasitas sivitas akademika IPB University dalam melakukan riset dan publikasi. Dengan demikian, dapat berdampak kepada peningkatan kuantitas dan kualitas publikasi IPB University. (AEA/ra)