BEM FEM IPB University Bawa Sembilan Pojok Literasi Desa Cerdas Lewat PPK Ormawa

BEM FEM IPB University Bawa Sembilan Pojok Literasi Desa Cerdas Lewat PPK Ormawa

BEM FEM IPB University Bawa Sembilan Pojok Literasi Desa Cerdas Lewat PPK Ormawa
Berita

Sebagai kelanjutan program pengabdian tahun sebelumnya yang bertema ‘Desa Cerdas’, Badan Eksekutif Mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (BEM FEM) IPB University tahun ini mengusung sembilan pojok literasi di Desa Cihideung Ilir, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pojok literasi mencakup bidang lingkungan, kesehatan, pendidikan dan ekonomi yang berpedoman dalam menyelesaikan permasalahan SDGs Desa.

Felisha Najla Adevia, perwakilan mahasiswa IPB University salah satu anggota tim menjelaskan, kesembilan pojok literasi antara lain Cerdas Peduli Kesehatan (CEPAT), Cerdas Bersih Upaya Lestari (CEBUR), Cerdas Tanggap Sehat (CEGAH) Cerdas Terampil Matematika (CERMAT), Cerdas Digital Marketing (CERDIK), Cerdas Mengimani Al-Qur’an (CERIA), Cerdas Manajerial Penguat Ekonomi Desa (CEMPAKA), Cerdas Olah Limbah Kain Perca (CERCAH), Cerdas Memelihara Kelestarian (CEMARA). Mahasiswa IPB University juga membentuk kelembagaan ‘Kampung Endah Lestari’ sebagai upaya menuju Desa Cerdas, Desa Cihideung Ilir.

Melalui kegiatan Lokakarya II, PPK Ormawa BEM FEM memperkenalkan program kerja kepada pihak desa, kelompok sasaran, mitra dan stakeholder. Pelaksanaan kegiatan PPK Ormawa ini disambut baik oleh berbagai pihak, salah satunya dari SDN Cihideung Ilir 06. Nimatul selaku guru SDN Cihideung Ilir 06 mengharapkan anak-anak lebih bersemangat dalam kegiatan belajar mengajar dengan berlangsungnya program PPK Ormawa BEM FEM IPB University tahun ini.

“Kami berharap program yang sudah disiapkan oleh tim PPK Ormawa BEM FEM IPB University dapat bermanfaat bagi anak-anak. Mudah-mudahan dengan adanya program ini anak-anak dapat lebih semangat dalam membaca dan belajar,” ujarnya.

Tahun lalu, tim PPK Ormawa BEM FEM IPB University sukses membangun perpustakaan di SDN Cihideung Ilir 04. Rohaeti selaku Kepala Sekolah SDN Cihideung Ilir 04 mengungkapkan rasa syukur atas pembangunan perpustakaan tersebut.

“Tahun lalu sudah dibuatkan perpustakaan dan alhamdulillah dapat bermanfaat sampai saat ini oleh anak-anak. Mereka jadi mempunyai tempat untuk membaca dan belajar bersama. Semoga program tahun ini dapat berjalan sukses dan bermanfaat bagi semuanya,” jelasnya.

Kegiatan Lokakarya ini menjadi langkah awal kerja sama antara tim PPK Ormawa BEM FEM IPB University dengan sejumlah stakeholder untuk menunjang terlaksananya program Desa Cerdas Kampung Endah Lestari berbasis SDGs Desa. (*/Rz)