Awardee Sobat Bumi Indonesia Chapter Bogor Gelar Penukaran Sampah, Bentuk Nyata Peduli Terhadap Sampah

Awardee Sobat Bumi Indonesia Chapter Bogor Gelar Penukaran Sampah, Bentuk Nyata Peduli Terhadap Sampah

Awardee Sobat Bumi Indonesia Chapter Bogor Gelar Penukaran Sampah, Bentuk Nyata Peduli Terhadap Sampah
Berita

Dalam rangka memperingati Kemerdekaan RI ke-78, Sobat Bumi Indonesia Chapter Bogor melaksanakan kegiatan “Hijaukan Kemerdekaan untuk Generasi Masa Depan,” di pelataran Agrimart IPB University, 20/8. Acara tersebut merupakan acara penukaran sampah daur ulang menjadi buah, susu, dan tumblr.

Daffa Sidqi, mahasiswa IPB University sekaligus Koordinator Sobat Bumi Indonesia Chapter Bogor, menyatakan kegiatan ini bertujuan untuk mendorong kesadaran lingkungan dan aksi nyata dalam menghadapi permasalahan sampah plastik. Ia menyebut, kegiatan ini berusaha mengajak mahasiswa IPB University serta masyarakat umum untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Salah satu program yang menarik perhatian adalah menukarkan sampah plastik yang telah dikumpulkan oleh para peserta. Jenis sampah yang dapat ditukarkan di antaranya sampah botol plastik, botol bekas skincare, botol minuman kaca, dan berbagai jenis sampah plastik lainnya,” katanya.

Sebagai bentuk apresiasi, kata Daffa, mahasiswa yang menukarkan sampah daur ulang akan mendapat hadiah menarik seperti susu, buah, dan botol tumbler dalam jumlah tertentu.

Dalam kegiatan ini, Sobat Bumi Indonesia Chapter Bogor berhasil mengumpulkan beragam jenis sampah dengan total 50,6 kilogram. Sampah tersebut terdiri dari tutup botol kemasan, kaleng, botol kaca, kemasan skincare, botol air mineral, plastik kemasan, dan galon bekas. Nantinya, sampah-sampah tersebut akan diolah menjadi produk kreatif daur ulang, seperti eco-brick, paving blok, dan bahkan kursi.

Eci Destriana, salah satu mahasiswi IPB University yang ikut serta dalam penukaran sampah plastik menyampaikan, “Semoga gerakan ini diperbanyak karena sangat bermanfaat buat kita, jadi tidak membuang sampah sembarangan, terima kasih sudah memberikan hadiah juga, semoga bumi kita terus lestari,” tuturnya.