Rektor: Hampir 10 Persen Mahasiswa Baru IPB University adalah Ketua OSIS

Rektor: Hampir 10 Persen Mahasiswa Baru IPB University adalah Ketua OSIS

rektor-hampir-10-persen-mahasiswa-baru-ipb-university-adalah-ketua-osis-news
Berita

Rektor IPB University, Prof Arif Satria mengatakan bahwa hampir 10 persen dari mahasiswa IPB University berasal dari ketua OSIS. Hal itu ia kemukakan dalam acara Webinar Inspiratif IPB OSIS Fest 2023, (23/7).

“Mereka (ketua OSIS) adalah bibit-bibit unggul calon mahasiswa sukses. Hal ini juga dibuktikan dengan adanya data bahwa sekira 10 persen mahasiswa IPB University merupakan ketua OSIS,” ungkap rektor di hadapan ratusan para ketua OSIS yang hadir.

Menurutnya, IPB University dapat menjadi pilihan terbaik untuk menjadi tanah yang subur bagi bibit-bibit unggul tersebut, sehingga para ketua OSIS dapat tumbuh dan berkembang menjadi individu yang hebat dan sukses kelak di masa depan.

Dalam kesempatan ini, Prof Arif menyampaikan materi yang berjudul ‘Digital Leadership di Era Disrupsi’. Materi tersebut mengangkat isu penting terkait era digital yang penuh dengan ketidakpastian serta tantangan global yang tak terhindarkan.

“Pemimpin di era digital harus memiliki kemampuan adaptif dalam menghadapi perubahan yang cepat dan memiliki skill-skill yang relevan dengan tuntutan era digital,” paparnya.

Dalam materinya, Prof Arif menekankan beberapa skill penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin di era digital. Pertama adalah cognitive skill, yang mencakup kemampuan berkomunikasi dengan baik. Selanjutnya, business skill, yang mencakup operasi dan manajemen bisnis yang efektif. Selain itu, interpersonal skill, yang melibatkan kemampuan bernegosiasi dengan baik. Dan yang tak kalah penting adalah strategic skill, yaitu kemampuan sebagai pemimpin yang memiliki visi ke depan dan mampu mengambil langkah-langkah strategis.

Turut serta para alumni IPB University yang juga menjadi pembicara pada webinar kali ini, yakni Dihqon Nadaamist selaku Founder dan CEO dari PT Cita Indonesia Bersih dan Aang Permana selaku Founder dari PT Ikanovasi Daya Lokal. Kedua narasumber tersebut menceritakan kisah inspiratif perjuangan mereka saat masih menjadi mahasiswa di IPB University hingga mencapai kesuksesan seperti saat ini.

Dalam materinya, kedua alumni tersebut mengaku bahwa saat pertama kali mereka diterima di IPB University mereka hanyalah mahasiswa biasa. Namun, berkat lingkungan kampus yang mendukung mereka untuk berkembang, keduanya berhasil menjadi mahasiswa hebat yang berprestasi dan aktif berorganisasi hingga mampu menjadi seorang pengusaha sukses.

Cerita pengalaman Dihqon Nadaamist dan Aang Permana diharapkan mampu memotivasi seluruh Ketua OSIS yang hadir pada webinar ini untuk selalu bersemangat dan optimis dalam mengejar impian mereka untuk menjadi mahasiswa berprestasi di IPB University.

Webinar Inspiratif IPB OSIS Fest 2023 menjadi momentum penting dalam menginspirasi dan memberikan semangat kepada calon mahasiswa untuk menggapai cita-cita mereka. Dengan berbagai pengetahuan, keterampilan dan dukungan yang diberikan oleh IPB University, para calon mahasiswa diharapkan dapat tumbuh dan berkembang menjadi pemimpin masa depan yang berkompeten dan mampu bersaing di era digital. (Dova/Rz)