Mahasiswa IPB University Pelatihan Pembuatan Garnish dan Fruit Carving di Desa Wiromartan

Mahasiswa IPB University Pelatihan Pembuatan Garnish dan Fruit Carving di Desa Wiromartan

mahasiswa-ipb-university-pelatihan-pembuatan-garnish-dan-fruit-carving-di-desa-wiromartan-news
Berita

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) Inovasi IPB University di Desa Wiromartan, Kebumen, Jawa Tengah melakukan pelatihan pembuatan garnish dan fruit carving kepada ibu-ibu pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) desa. Zahra Timur Eda, perwakilan mahasiswa KKN-T Inovasi IPB University menjelaskan, pelatihan pembuatan garnish dan fruit carving ini menggunakan beberapa buah dan sayur yang ditanam di Desa Wiromartan.

“Garnish dan fruit carving merupakan kegiatan untuk mempercantik makanan dan memperindah bentuk. Buah dan sayur yang digunakan sebagai bahan pembuatan fruit carving dan garnish antara lain semangka, jambu kristal, tomat, cabe keriting, wortel, timun dan sawi,” ungkap dia.

Oleh karena itu, kata Zahra, dibutuhkan keterampilan tangan untuk melakukan kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan pelatihan pembuatan garnish dan fruit carving diharapkan dapat menambah keterampilan dan kreativitas ibu-ibu PKK dalam membuat hiasan dari buah ataupun sayuran yang berbahan lunak serta dapat diterapkan pada kegiatan lainnya.

“Kegiatan diawali dengan pembagian kelompok ibu-ibu PKK menjadi enam kelompok. Tiap kelompok diberikan satu set peralatan untuk mengukir beserta buah dan sayur yang akan dibentuk. Kemudian kami memberikan demonstrasi cara mengukir sayur dan buah. Sembari mendemonstrasikan, ibu-ibu PKK mengikuti arahan dari mahasiswa IPB University,” imbuh Zahra.

Pelatihan pembuatan garnish dan fruit carving juga dilakukan dalam rangka melatih keterampilan sebelum lomba 17 Agustus yang akan dilakukan kurang lebih satu bulan lagi. Ajang tersebut merupakan lomba antar desa di Kecamatan Mirit. “Kebetulan sekali, pelatihan ini juga dapat digunakan untuk melatih ibu-ibu PKK dalam lomba menghias tumpeng nantinya,” ujar Wiji selaku Ketua PKK Desa Wiromartan. (*/Rz)