Ini Cara Mahasiswa KKN-T IPB University Deteksi Stunting Balita

Ini Cara Mahasiswa KKN-T IPB University Deteksi Stunting Balita

ini-cara-mahasiswa-kkn-t-ipb-university-deteksi-stunting-balita-news
Berita

Mahasiswa IPB University yang menjalankan kegiatan Kuliah Kerja Nyata-Tematik Inovasi (KKN-T) Inovasi di Kelurahan Cigondewah Kaler, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, Jawa Barat melaksanakan program ‘Lonceng Berdenting untuk Duta Berlian’ (Langkah Optimal Cegah Stunting, Belajar Deteksi Stunting untuk Balita Sehat, Cerdas, Lincah dan Idaman). Kegiatan dilaksanakan di Aula Gedung Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bandung, Kelurahan Cigondewah Kaler.

Perwakilan mahasiswa IPB University, Indah Apriyanti Devi mengatakan bahwa rangkaian kegiatan ini dimulai dengan pelaksanaan lomba Duta Berlian. Pada lomba ini, terdapat lima aspek penilaian, yaitu status ibu, perilaku sehat, status gizi balita, kondisi fisik dan perkembangan motorik balita.

“Pemeriksaan tersebut dibantu oleh pihak Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Cigondewah. Lomba ini diikuti oleh 19 peserta yang mewakili setiap posyandu di Kelurahan Cigondewah Kaler,” tutur Indah.

Setelah lomba Duta Berlian, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi pengukuran dan pencegahan stunting yang disampaikan oleh Dr Yulina Eva Riany selaku dosen IPB University dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia. Sosialisasi ini dihadiri oleh para kader posyandu, kader PKK dan orang tua dari peserta lomba Duta Berlian.

“Dibutuhkan kerja sama antara pihak pemerintah, akademisi dan komunitas untuk mewujudkan daerah bebas stunting,” papar Dr Eva saat sosialisasi. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa kurangnya asupan gizi, rendahnya ketahanan pangan keluarga dan pola asuh orang tua yang salah termasuk penyebab stunting.

Kegiatan ini mendapat sambutan baik, mulai dari para kader PKK, pihak puskesmas dan masyarakat Cigondewah Kaler. Hal ini ditunjukan dengan lebih dari 90 persen posyandu mengirimkan perwakilan untuk mengikuti lomba Duta Berlian. Kegiatan diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba yang dimenangkan oleh Posyandu Anyelir 1. (*/Rz)