Tingkatkan Kecakapan Digital Masyarakat, Departemen Ilmu Komputer IPB University Gelar Pelatihan bagi Guru Sekolah Dasar

Tingkatkan Kecakapan Digital Masyarakat, Departemen Ilmu Komputer IPB University Gelar Pelatihan bagi Guru Sekolah Dasar

tingkatkan-kecakapan-digital-masyarakat-departemen-ilmu-komputer-ipb-university-gelar-pelatihan-bagi-guru-sekolah-dasar-news
Berita

Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University bekerja sama dengan Sekolah Dasar (SD) Causa Prima menyelenggarakan pelatihan kecakapan digital bagi guru-guru SD. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali para guru dengan pengetahuan dan keterampilan dalam pemanfaatan multimedia, literasi media dan informasi serta konsep dasar mengenai algoritma dan komputasional.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan strategi instruksional para guru, mempromosikan pembelajaran aktif dan menciptakan lingkungan belajar yang kritis, sistematis, dinamis dan interaktif. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pelatihan ini, para guru diharapkan dapat mengintegrasikan teknologi informasi dan multimedia dengan lebih efektif dalam proses pengajaran di sekolah dasar.

“Hal ini merupakan perwujudan mandat Departemen Ilmu Komputer IPB University untuk meningkatkan literasi digital di masyarakat, terutama untuk pendidik. Peningkatan kompetensi digital pendidik akan berdampak signifikan karena merekalah garda terdepan dalam pendidikan karakter dan perkembangan mental para pelajar,” ujar Ketua Departemen Ilmu Komputer IPB University, Dr Sony Hartono Wijaya.

Salah satu pengajar, Ahmad Ridha, SKom, MS kagum dengan keaktifan dan semangat para guru peserta pelatihan. Selain lewat hangatnya sesi diskusi di kelas, hal ini juga ditunjukkan dengan perkembangan nilai post-test yang signifikan.

Departemen Ilmu Komputer IPB University berkomitmen untuk terus menyebarkan pengetahuan dan kecakapan digital kepada masyarakat, termasuk guru-guru sekolah dasar, lewat Program Penguatan Kompetensi Digital Masyarakat. Program ini menjadi salah satu bentuk kontribusi dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi, khususnya dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.

Ketua penyelenggara, Dr Annisa menyatakan bahwa kegiatan ini akan menjadi suatu kegiatan rutin Departemen Ilmu Komputer IPB University. Dengan adanya kerja sama antara Departemen Ilmu Komputer IPB University dan SD Causa Prima ia berharap pengajaran di sekolah dasar dapat semakin berkualitas melalui pemanfaatan potensi teknologi informasi dengan lebih baik.

“Departemen Ilmu Komputer IPB University membuka pintu kerja sama dengan sekolah maupun institusi lain untuk penyelenggaraan program tersebut. Institusi yang tertarik dapat menghubungi kami lewat email ilkom@apps.ipb.ac.id,” ungkapnya. (*/Rz)