Sejumlah Dosen Universiti Putera Malaysia Berbagi Kajian tentang Komputer Sains di IPB University

Sejumlah Dosen Universiti Putera Malaysia Berbagi Kajian tentang Komputer Sains di IPB University

sejumlah-dosen-universiti-putera-malaysia-berbagi-kajian-tentang-komputer-sains-di-ipb-university-news
Berita

Sejumlah dosen Universiti Putera Malaysia (UPM) berbagi kajian tentang komputer sains di IPB University yang dikemas dalam sebuah simposium internasional. Acara hasil kerjasama IPB University dan UPM tersebut mengangkat tema ‘Computer Science for Smart Agriculture, Education and Medicine (CSSAEM) dan diselenggarakan di Auditorium Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Dekan FMIPA IPB University, Dr Berry Juliandi ketika membuka acara memaparkan pentingnya komputer sains dan teknologi. Ia mengatakan bahwa di masa yang akan datang, ilmu dari berbagai bidang pasti memerlukan dukungan dari komputer sains dan teknologi.

"Kita mencari mitra strategis dan paling dekat dengan Indonesia, sehingga kerjasama dengan UPM merupakan pilihan yang tepat karena secara letak wilayah yang berdekatan, mereka juga memiliki tujuan yang sama. Dalam acara ini kita bisa berbagi informasi terkait komputer sains untuk smart agriculture agar efisien, juga untuk precision education, medicine sehingga kegiatan di Indonesia dan Malaysia terkoordinasi dengan baik," ujarnya beberapa waktu lalu.

Terkait riset dan inovasi, ia menyebut beberapa inovasi IPB University yang sangat berkaitan dengan potensi wilayah Indonesia dan Malaysia. "IPB University punya inovasi deteksi dini kebakaran hutan. IPB University juga memiliki precision agriculture sawit, inovasi pakan limbah sawit, helm dari biomaterial dari kelapa sawit dan banyak lainnya,” ucapnya. 

Hal serupa juga disampaikan Dr Sony Hartono Wijaya, Ketua Departemen Ilmu Komputer IPB University. Ia menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) antara IPB University dengan UPM.

"Harapannya melalui simposium internasional ini kedua universitas akan saling bersinergi dalam aspek keilmuan. Apa yang pernah kita lakukan dan apa yang pernah mereka lakukan, sharing pengetahuan, peluang kolaborasi pendanaan, mana yang bisa dikerjasamakan lebih lanjut, kita bisa saling bersinergi," tuturnya.

Salah satu dosen UPM, Prof Rahmita Wirza OK Rahmat mengucapkan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari IPB University. Ia berharap kerjasama ini akan semakin lancar di masa-masa yang akan datang.

Sebanyak 13 dosen UPM yang hadir ke IPB University sempat singgah di Departemen Ilmu Komputer dan melihat beragam fasilitas pembelajaran yang tersedia di Kampus IPB Dramaga. (dh/Rz)