Mahasiswa Meteorologi Terapan IPB University Gelar Student Showcase Climatology on Life

Mahasiswa Meteorologi Terapan IPB University Gelar Student Showcase Climatology on Life

mahasiswa-meteorologi-terapan-ipb-university-gelar-student-showcase-climatology-on-life-news
Berita

Mahasiswa IPB University dari Program Studi (Prodi) Meteorologi Terapan mengadakan Student Showcase Climatology on Life, sebuah pameran dan edukasi penerapan ilmu klimatologi pada berbagai bidang kehidupan, yang dilaksanakan di Koridor Tanah, Kampus IPB Dramaga, Bogor, (25/5).

Kegiatan ini merupakan penerapan pembelajaran Kurikulum Merdeka (K2020) yang diadopsi melalui Problem Based Learning (PBL) pada Mata Kuliah (MK) Klimatologi Terapan. Kegiatan Showcase ini dimeriahkan dengan hadirnya lima stand pameran yaitu penerapan Klimatologi bidang Pertanian, Klimatologi bidang Energi, Klimatologi bidang Bencana, Klimatologi bidang Wisata dan Klimatologi bidang Kesehatan.

“Student Showcase Climatology on Life ini bertujuan melatih kemampuan memecahkan masalah, berpikir inovatif dan daya kreatif mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan yang telah diajarkan. Selain itu, kegiatan ini juga untuk memperkenalkan ilmu klimatologi kepada khalayak yang lebih luas,” sebut Bara, asisten praktikum MK Klimatologi Terapan.

Lebih lanjut, ia mengatakan, kegiatan Student Showcase Mata Kuliah Klimatologi Terapan ini merupakan bentuk konkret dari hasil kreativitas penerapan ilmu klimatologi di berbagai aspek bidang kehidupan. Mulai dari bidang pertanian, kesehatan, pariwisata, kebencanaan dan energi.

“Kegiatan showcase seperti ini semoga bisa menambah wawasan dan cakrawala ilmu klimatologi para mahasiswa serta pengunjung yg datang ke acara ini,” tambahnya.

Menurut salah satu pengunjung Student Showcase, Sifa Istiqomah, dari kegiatan ini ia mendapatkan pandangan baru. Terutama terkait pengimplementasian ilmu klimatologi pada berbagai bidang kehidupan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi saya, yang sebelumnya tidak mengetahui apa-apa tentang penerapan iklim sekarang menjadi tahu, mulai dari bidang kesehatan, energi, pertanian, pariwisata dan kebencanaan. Acara seperti semoga dapat kembali diadakan di tahun-tahun selanjutnya,” ungkapnya. (*/Rz)