Lomba PBB Nautica Fest 2023 PSP IPB University Sukses Dimeriahkan 1.200 Siswa

Lomba PBB Nautica Fest 2023 PSP IPB University Sukses Dimeriahkan 1.200 Siswa

lomba-pbb-nautica-fest-2023-psp-ipb-university-sukses-dimeriahkan-1-200-siswa-news
Berita

Dalam rangka berupaya mengenalkan IPB University, terkhusus Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB (FPIK), Himpunan Mahasiswa Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (Himafarin) menyelenggarakan Lomba Peraturan Baris Berbaris (LPBB) untuk siswa/siswi dari berbagai sekolah.

Perlombaan dilaksanakan di Gymnasium IPB, Kampus Dramaga. LPBB menjadi salah satu acara dari rangkaian kegiatan Nautica Fest, program besar tahunan Himafarin. Penggagas sekaligus penanggung jawab LPBB dalam rangkaian Nautica Fest adalah Hizkya Suranta Perangin Angin, alumnus IPB University yang juga pelatih Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra).

“Terimakasih untuk ketua pelaksana serta seluruh panitia LPBB dan Nautica Fest 2023, para juri, serta dukungan dari Departemen PSP dan FPIK IPB University. Semoga kegiatan ini dapat terus berlangsung dengan jumlah peserta yang lebih banyak lagi sehingga dampaknya akan semakin luas,” ujar Julia Eka Astarini, SPi, MSi, Komisi Kemahasiswaan Departemen PSP FPIK IPB University yang hadir dalam kegiatan.

Keberpengaruhan acara terbukti dari peserta lomba yang berjumlah kurang lebih 1.200 orang (78 tim) yang terdiri dari 28 tim tingkat SMP, 32 tim tingkat SMA dan 18 tim tingkat purna yang mana 48 tim berasal dari Bogor dan 30 tim berasal dari luar kota Bogor. Juri lomba berasal dari TNI dan profesional yang sudah berpengalaman.

“Antusiasme peserta dan penonton lomba ini menjadi ajang promosi tersendiri bagi IPB University, FPIK dan Departemen PSP. Dengan demikian, tujuan dari kegiatan ini untuk mengenalkan IPB University kepada masyarakat, khususnya siswa-siswi harapannya dapat diwujudkan,” tambah Julia.

Selain itu, menurutnya ajang ini sekaligus menjadi sarana dalam memberikan motivasi kepada generasi muda untuk berkuliah di IPB University. Kegiatan ini juga menambah jalinan silaturahmi antar siswa sehingga dapat mengisi masa muda dengan kegiatan yang positif.

Sementara itu, Koordinator Bidang Kemahasiswaan FPIK IPB University M Tri Hartanto, SPi, MSi yang turut hadir mengapresiasi kegiatan ini karena dapat membuat anak-anak muda aktif bergerak, berlatih disiplin dan kompak. Tidak lupa, Dekan FPIK IPB University, Prof Fredinan Yulianda, Ketua Departemen PSP, Prof Eko Sri Wiyono, serta Wakil Ketua Pelaksana Nautica Fest 2023, Bintang Yunta Wicaksana memberikan pembukaan secara langsung pada acara ini.

Hasilnya, lomba ini dimenangkan oleh  SMPN 1 Ciomas tim B (Juara Utama 1), SMPN 13 Kota Bogor Juara Utama 2), SMPN 2 Kemang tim A (Juara Utama 3) untuk tingkat SMP. Untuk tingkat SMA dimenangkan oleh MAN 1 Sukabumi tim B (Juara Utama 1), SMKN 1 Ciomas (Juara Utama 2), SMAN 1 Leuwiliang (Juara Utama 3).

Sementara itu, pada tingkat purna dimenangkan oleh PST Management (Juara Utama 1), Beubeledagan FC (Juara Utama 2), dan Purna Paschada (Juara Utama 3). Masing-masing tim pemenang mendapatkan hadiah berupa piala, uang pembinaan, dan e-certificate. Adapun juara umum untuk tiap tingkat adalah SMPN 1 Ciomas tim B untuk tingkat SMP, MAN 1 Sukabumi tim B untuk tingkat SMA dan PST Management untuk tingkat Purna. Hadiah juara umum berupa piala, plakat dan e-certificate. (*/SHM/Rz)