IPB University Raih 7 Penghargaan di Ajang Indonesia Government Public Relations Award (IGA) 2023

IPB University Raih 7 Penghargaan di Ajang Indonesia Government Public Relations Award (IGA) 2023

ipb-university-raih-7-penghargaan-di-ajang-indonesia-government-public-relations-award-iga-2023-news
Prestasi

Dalam Indonesia Government Public Relations Award (IGA) 2023 yang digelar oleh Humas Indonesia di Makassar (16/5), IPB University berhasil meraih sebanyak 7 penghargaan dari berbagai kategori. Hadir untuk menerima penghargaan ini, Wakil Rektor IPB University bidang Resiliensi Sumberdaya dan Infrastruktur, Dr Alim Setiawan Slamet didampingi Kepala Biro Komunikasi, Yatri Indah Kusumastuti.

Sebanyak 7 penghargaan di bidang kehumasan berikut disematkan kepada IPB University di ajang kompetisi yang diikuti berbagai institusi maupun insan kehumasan di Indonesia ini:
1. Gold Winner- Kategori Lembaga Humas Pemerintah Terbaik, Sub Kategori Perguruan Tinggi
2. Gold Winner-Kategori Program Kehumasan Pemerintah Terbaik, Sektor Perguruan Tinggi, Sub Kategori Program Sosial
3. Prof Dr Arif Satria, Kategori Terpopuler di Media Pemberitaan Online 2023, Sub Kategori Rektor
4. Gold Winner-Siti Nuryati, STP, MSi, Kategori Humas Pemerintah Terbaik, Sektor Perguruan Tinggi, Sub Kategori ASN Golongan III/d
5. Gold Winner-Dr Dwi Retno Hapsari, Kategori Humas Pemerintah Terbaik, Sektor Perguruan Tinggi, Sub Kategori ASN Golongan III/c
6. Gold Winner-M Haikal Catur Saputra, SP, Kategori Humas Pemerintah Terbaik, Sektor Perguruan Tinggi, Sub Kategori ASN Golongan III/a
7. Bronze Winner-Rio Fatahillah Chita Putra, SIKom, MSi, Kategori Humas Pemerintah Terbaik, Sektor Perguruan Tinggi, Sub Kategori ASN Golongan III/b

Rektor IPB University, Prof Arif Satria menyatakan rasa syukur atas prestasi ini. Ia juga memberikan apresiasi atas capaian ini. “Alhamdulillah, saya bersyukur IPB University berhasil mendapatkan platinum winner di bidang kehumasan. Kami juga bangga pada tim Biro Komunikasi yang terus meningkatkan kinerja komunikasi dan terus berupaya memberikan informasi terbaik kepada publik," papar Prof Arif Satria.

Lebih lanjut rektor berharap, “Semoga capaian ini bisa menjadi dorongan semangat untuk semakin baik lagi dalam memberikan pelayanan di bidang komunikasi.” Ia menandaskan bahwa kerja kehumasan bukanlah bertujuan untuk pencitraan, melainkan untuk mengkomunikasikan karya.

Kepala Biro Komunikasi IPB University, Yatri Indah Kusumastuti mengatakan bahwa capaian ini berkat dukungan dan kerja sama berbagai unit kerja yang ada di IPB University. Terkait keikutsertaan dalam kompetisi ini, Yatri mengatakan, "Keikutsertaan kami di berbagai kompetisi kehumasan menjadi semacam barometer bagi kinerja kehumasan kami.  Sudah sampai mana perjalanan kami, ini bentuk evaluasi terhadap program-program yang sudah dilakukan dan apa-apa yang masih harus diperbaiki ke depan,” ujarnya.

Selama lebih dari dua bulan, sejumlah korporasi, kementerian, lembaga dan pemerintah daerah berkompetisi di ajang IGA 2023. Penjurian IGA 2023 berlangsung dalam dua tahap, penyisihan dan babak presentasi. Dewan juri memutuskan 61 entri lolos dari babak penyisihan. Selanjutnya, para peserta mengikuti babak presentasi yang diselenggarakan secara hibrida selama dua hari berturut-turut dari tanggal 3-4 Mei 2023 dengan melibatkan lima orang juri. 

Para juri dalam penghargaan ini adalah Asmono Wikan (Founder dan CEO PR INDONESIA Group), Emilia Bassar (CEO Center for Public Relations, Outreach and Communication), Jojo Suharjo Nugroho (Ketua umum Asosiasi Perusahaan Public Relations/APPRI), Maria Wongsonagoro (Public Relations Consultant) dan Janette Maria Pinariya (Wakil Rektor 1 London School of Public Relations/LSPR). (*)