Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB University Gelar Pembekalan Fakultas KKN-T Inovasi IPB Tahun 2023

Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB University Gelar Pembekalan Fakultas KKN-T Inovasi IPB Tahun 2023

fakultas-ekonomi-dan-manajemen-ipb-university-gelar-pembekalan-fakultas-kkn-t-inovasi-ipb-tahun-2023-news
Berita

Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB University memberikan pembekalan tingkat fakultas kepada mahasiswa yang akan melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) Inovasi tahun 2023. Dengan diadakannya pembekalan tingkat fakultas, diharapkan dapat meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi situasi di desa tujuan KKN-T Inovasi.

Dr Feryanto, Dosen Departemen Agribisnis IPB University pada kesempatan itu memaparkan materi tentang mewujudkan pembangunan desa dan masyarakat agromaritim yang inklusif dan berkelanjutan. 

“Tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) dengan 17 goals, 169 sasaran dan 241 indikator berlaku bagi seluruh negara (universal), sehingga seluruh negara tanpa kecuali negara maju memiliki kewajiban moral untuk mencapai tujuan dan target SDGs,“ ujarnya. Ia juga memaparkan 18 tujuan dalam SDGs desa yang berisikan informasi mengenai implementasi dalam program kerja KKN-T Inovasi.

Dosen Departemen Ilmu Ekonomi IPB University, Dr Muhammad Findi menyampaikan materi tentang optimalisasi pembangunan sumber daya lokal untuk mereduksi kemiskinan. “Salah satu ciri dari pemberdayaan ekonomi lokal adalah memberikan satu peluang pasar dan peningkatan mutu produk secara berkesinambungan, sehingga mampu meningkatkan pendapatan masyarakat setempat,” tuturnya. 

Di akhir pemaparan materi, Dr Findi berpesan bahwa KKN-T Inovasi dapat menjadi momen yang tepat bagi mahasiswa untuk memberikan masukan serta dukungan kepada masyarakat lokal di desa. Kegiatan ini juga dapat menjadi stimulus pemberdayaan masyarakat sehingga semakin berdaya saing dan mereduksi kemiskinan desa.

Pemateri lainnya, Ranti Wiliasih, SP, MSi selaku Dosen Departemen Ilmu Ekonomi Syariah IPB University mengulas tentang pengenalan halal self declare kepada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai upaya peningkatan kesadaran halal di masyarakat. Ia menjelaskan pentingnya suatu produk mendapatkan sertifikasi halal. 

Sementara, strategi resiliensi dan keberlanjutan pada UMKM disampaikan oleh Dr Eko Ruddy Cahyadi yang merupakan Dosen Departemen Manajemen IPB University. Ia menyampaikan peran mahasiswa dalam pendampingan resiliensi dan keberlanjutan UMKM. “Lima elemen kunci dalam resilien UMKM antara lain ketahanan, fleksibilitas, rencana darurat, kemampuan belajar dan inovasi serta kepemimpinan yang kuat,” jelasnya. 

Terakhir, materi penutup diisi oleh Dr Meti Ekayani, Dosen Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan IPB University yang menyampaikan teknologi tepat guna kelola sampah berbasis masyarakat. Dalam kesempatan itu, ia memperkenalkan program-program mengenai pengelolaan sampah yang dapat diimplementasikan ketika pelaksanaan KKN-T Inovasi serta pentingnya kesadaran mengenai sampah kepada masyarakat.

Mahasiswa KKN-T Inovasi IPB University juga mendapatkan pembekalan materi mengenai tips dan trik editing video, penulisan berita dan artikel populer di media massa. Pada akhir kegiatan, Dr Burhanuddin, Ketua Departemen Agribisnis dan Komite KKN-T Inovasi IPB 2023 memaparkan pelaksanaan kegiatan dan output yang harus dipersiapkan mahasiswa KKN-T Inovasi IPB 2023. (AAS/Rz)