Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University Kenalkan Lubang Resapan Biopori dan Fauna Tanah ke Siswa SMP

Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University Kenalkan Lubang Resapan Biopori dan Fauna Tanah ke Siswa SMP

mahasiswa-sekolah-vokasi-ipb-university-kenalkan-lubang-resapan-biopori-dan-fauna-tanah-ke-siswa-smp-news
Berita

Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University dari Program Studi (Prodi) Teknik dan Manajemen Lingkungan melaksanakan program pengabdian masyarakat dengan mengenalkan lubang resapan biopori (LRB) dan fauna tanah kepada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Bogor, khususnya ditujukan untuk Ekstrakurikuler Sains Club. 

Kegiatan ini melibatkan beberapa mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University di antaranya Rachel Gavrila HP, Amanda Azizatul Tsa Tsa, Muhamad Isra Anavhalis, Jasmine Ramadhanti dan Muhammad Iqbal. Sebanyak 30 siswa SMP Negeri 5 Bogor dari Ekstrakurikuler Sains Club aktif mengikuti kegiatan ini. Project ini dinaungi oleh Dosen Pengampu Mata Kuliah Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Dr Beata Ratnawati.

Rachel Gavrila HP, salah satu mahasiswa SV IPB University yang terlibat mengatakan, tujuan dari project ini ialah mengenalkan upaya pelestarian pada lahan kritis, salah satunya dengan membuat Lubang Resapan Biopori (LRB). Ia juga mengenalkan jenis-jenis fauna tanah yang terdapat pada LRB.

“Pemaparan materi juga pastinya dibuat ringan dan menyenangkan mengingat usia siswa-siswi di SMP Negeri 5 Bogor yang masih belia. Salah satu upaya untuk membangkitkan semangat para siswa adalah bermain games terkait lingkungan, menayangkan video, hingga terjun langsung dalam pembuatan LRB,” ujar Rachel, beberapa waktu lalu.

Selain itu, kata dia, mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University juga memberikan beberapa kuis di akhir kegiatan untuk mengetahui pemahaman siswa dalam mengikuti kegiatan ini. Beberapa siswa juga aktif mengajukan beberapa pertanyaan kepada mahasiswa. 

“Beberapa materi yang diberikan di antaranya penjelasan mengenai LRB dan fungsinya, jenis fauna tanah, perbedaan makrofauna dan makrofauna, fungsi dari keberadaan fauna tanah. Kami tentunya menyampaikan ajakan untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan,” imbuhnya.

Kegiatan ini diterima secara hangat dan ramah oleh guru-guru di SMP Negeri 5 Bogor, salah satunya Yayuk. Selaku Humas SMP Negeri 5 Bogor, Yayuk menegaskan bahwa kegiatan seperti ini akan sangat bermanfaat bagi siswa dan untuk lingkungan yang berkelanjutan.

Senada, Tatik selaku Pembina Ekstrakurikuler Sains Club SMP Negeri 5 Bogor mengaku terkesan dengan program yang diadakan mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University ini.

“Kegiatan ini benar-benar berkesan sekali. Para siswa pun sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir. Kegiatan yang akan menumbuhkan kreativitas dan kepekaan siswa dalam menjaga lingkungan, terlebih sekolah ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai Sekolah Sehat di tahun 2019,” ungkapnya. (*/Rz)