Masjid Al Hurriyyah IPB University Mendapat Penghargaan Nabawi Award 2023

Masjid Al Hurriyyah IPB University Mendapat Penghargaan Nabawi Award 2023

masjid-al-hurriyyah-ipb-university-mendapat-penghargaan-nabawi-award-2023-news
Prestasi

Masjid Al Hurriyyah IPB University menjadi salah satu dari sepuluh masjid penerima penghargaan Nabawi Award 2023 dari Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Penghargaan tersebut diberikan dalam kegiatan Peringatan Nuzulul Quran 1444 H, (8/4) yang diselenggarakan di Masjid Istiqlal atas kerja sama antara ICMI, Pengurus Masjid Istiqlal Jakarta dan Harian Republika. Penghargaan diterima langsung oleh Prof Abdul Munif selaku Ketua Umum DKM Al Hurriyyah IPB University.

Masjid lainnya yang mendapatkan penghargaan tersebut yaitu: (1) Masjid Andalusia Sentul, (2) Masjid Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia, (3) Masjid Baiturrahman Sumatera Barat (4) Masjid Al Markaz Al Islami Makassar, (5) Masjid Nurul Muttahidah IMMIM, (6) Masjid Subulussalam Al Khoiri Universitas Muhammadiyah Makassar, (7) Masjid Manarul Ilmi Institut Teknologi Surabaya, (8) Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada dan (9) Masjid Istiqamah Jakarta.

“Selamat kepada seluruh penerima penghargaan yang telah secara konsisten menjadikan masjid sebagai pusat perubahan, pusat inspirasi dan transformasi. ICMI akan terus bekerja sama dengan berbagai elemen bangsa untuk terus menebarkan inspirasi dan mencetak harapan di tengah kompleksitas perubahan yang dihadapi umat,” ujar Prof Arif.

Berkaitan dengan Nabawi Award, ia juga menyatakan bahwa penghargaan tersebut diberikan kepada masjid-masjid yang tidak hanya memiliki fungsi sebagai tempat ibadah. Akan tetapi juga menjalankan fungsi perubahan, membangun literasi, melakukan kajian-kajian ayat kauniyah, mengembangkan kekuatan ekonomi umat dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia Indonesia.

Prof KH Nasaruddin Umar, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta pada kesempatan itu menuturkan, keberkahan merupakan energi dan berjamaah adalah sinergi. Maka, di mana ada sinergi pasti akan ada energi. Menurutnya, semangat inilah yang selama ini menjadikan Masjid Istiqlal berkembang dengan pesat dan mendapatkan pengakuan dunia.

“Semoga ke depannya, dengan sentuhan ICMI akan menjadikan Masjid Istiqlal lebih hebat dan besar lagi. Insya Allah, kita akan mewujudkan umat baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur seperti yang dicita-citakan bangsa kita,” ucapnya. (dh/Rz)