Sekolah Pascasarjana IPB University Jajaki Peluang Program Kerjasama Pendidikan dengan University of Reading, Inggris

Sekolah Pascasarjana IPB University Jajaki Peluang Program Kerjasama Pendidikan dengan University of Reading, Inggris

sekolah-pascasarjana-ipb-university-jajaki-peluang-program-kerjasama-pendidikan-dengan-university-of-reading-inggris-news
Berita

Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University menjajaki peluang program kerjasama pendidikan melalui program Faculties Mobility dari program Erasmus di University of Reading, United Kingdom (13-17/3).

Prof Titi Candra Sunarti, Wakil Dekan SPs IPB University bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan mengatakan, pihaknya tengah mendiskusikan pengembangan Double PhD Degree (DD Program Doktor) dengan School of Agriculture, Politics and Development (SPAD) University of Reading.

“Skema ini memungkinkan penyelenggaraan PhD at distance, terdaftar dan mendapatkan pengakuan di dua perguruan tinggi, baik dari IPB University maupun University of Reading,” ujarnya. Ia menambahkan, pada kesempatan yang sama juga dilakukan penjajakan peluang untuk pelaksanaan pertukaran mahasiswa (student exchange) untuk kuliah pengumpulan kredit (credit earning activity) dan program summer course serta peluang kegiatan kolaborasi penelitian dan publikasi.

“Terima kasih sudah diberi kesempatan dapat mengunjungi The Museum of English Rural Life – Reading yang menceritakan sejarah perkembangan inovasi dan teknologi, serta masyarakat dalam pertanian di Inggris. Juga International Cocoa Quarantine Center di Reading University, yang menurut Prof Paul Hadley hingga saat ini telah mengoleksi 300 jenis tanaman kakao dari seluruh dunia,” imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan ini Prof Lina Karlinasari, Sekretaris Program Studi Doktor Ilmu Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Prodi PSA) SPs IPB University. Ia menuturkan, saat ini SPAD memiliki lima departemen yaitu Agri-Food Economics and Marketing, Animal Science, Crop Science, International Development dan Sustainable Land Management. “Peluang kerjasama ini diharapkan segera ditindaklanjuti oleh semua program studi baik magister maupun doktor yang terkait di IPB University,” jelasnya.

Turut hadir dari IPB University antara lain Dr Dase Hunaefi (Asisten Direktur Kerjasama dan Hubungan Internasional) serta Dr Alfian Helmi dan Hana Indriana, SP, MSi (staf pengajar dari Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia). Sementara, dari University of Reading hadir di antaranya Prof Simon Mortimer (Head of SPAD), Prof Henny Osbahr (Head of Department) dan Dr Sarah Cardey (Department of International Development). (HBL/Rz)