Mahasiswa IPB University Lakukan Aksi Lingkungan di Cisarua Bogor

Mahasiswa IPB University Lakukan Aksi Lingkungan di Cisarua Bogor

mahasiswa-ipb-university-lakukan-aksi-lingkungan-di-cisarua-bogor-news
Berita

Persoalan sampah telah lama menjadi isu kompleks yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan masyarakat tentang penanganan dan dampaknya. Oleh karena itu, mahasiswa IPB University yang tergabung dalam program Six Universities Initiative Japan Indonesia (SUIJI) 2023 site Rawa Gede menyelenggarakan kegiatan Edu-Clean, (4/3). 

Kegiatan Edu-Clean bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar tentang pentingnya pengelolaan sampah dan kebersihan lingkungan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Dusun Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

“Kegiatan Edu-Clean terdiri atas dua program utama, yaitu trash bin making dan environment education. Tiga belas mahasiswa peserta SUIJI 2023 site Rawa Gede mengawalinya dengan membuat empat tempat sampah khusus botol plastik yang terbuat dari kawat dan ditempatkan pada titik-titik strategis, seperti di sekitar warung dan tempat umum lainnya. Harapannya, masyarakat dapat menggunakannya untuk mengumpulkan sampah botol plastik yang bernilai ekonomis,” ujar Pandu Pamungkas, perwakilan dari mahasiswa peserta SUIJI 2023.

Selanjutnya, agenda environment education dilakukan dengan mengajak anak-anak usia PAUD–SD berkumpul di rumah Dudi untuk belajar pengetahuan dasar tentang sampah. Menariknya, sebanyak 33 anak sangat antusias mengikuti kegiatan yang terdiri atas menonton video animasi, senam ringan, dan menggambar poster.

“Acaranya seru sekali, saya jadi tahu bedanya sampah organik dan anorganik. Saya juga senang bermain sama kakak-kakaknya,” ujar Dinda, salah satu peserta kegiatan.

Selain program utama, terdapat juga dua sub-program dari Edu-Clean, yakni poster advocacy dan operasi semut. Para mahasiswa memasang poster-poster advokasi mengenai sampah di sudut-sudut Dusun Rawa Gede untuk menambah wawasan masyarakat tentang sampah. Poster-poster tersebut memuat pengetahuan tentang jenis-jenis sampah dan tips mengurangi sampah.
Sementara itu, operasi semut merupakan kegiatan memungut sampah di lingkungan kampung Rawa Gede yang dilaksanakan setiap sore hari. Selain membersihkan lingkungan dari sampah yang berserakan, agenda tersebut juga bertujuan menambah kesadaran warga akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

Meskipun dilaksanakan dengan singkat, kegiatan Edu-Clean diharapkan dapat memberi dampak berkelanjutan di Dusun Rawa Gede.

Dudi, salah satu warga Rawa Gede yang memiliki keprihatinan tentang sampah di lingkungannya mengungkapkan terima kasih kepada para mahasiswa yang telah menginisiasi program tersebut. “Saya berharap masyarakat Rawa Gede akan lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan,” ujarnya. (LAN/Zul)