Mahasiswa IPB University Isi Ngabuburit dengan Tanam Mangrove dan Coastal Clean Up Bersama Siswa JIS

Mahasiswa IPB University Isi Ngabuburit dengan Tanam Mangrove dan Coastal Clean Up Bersama Siswa JIS

mahasiswa-ipb-university-isi-ngabuburit-dengan-tanam-mangrove-dan-coastal-clean-up-bersama-siswa-jis-news
Berita

Salah satu mahasiswa IPB University, Elif Ivana Hendastari punya cara unik mengisi waktu ngabuburitnya dengan turut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman mangrove dan coastal clean up bersama siswa Jakarta Intercultural School (JIS). Kegiatan ini diinisiasi oleh Sahabat Laut Indonesia (SLI) berkolaborasi bersama JIS. Bertempat di Taman Wisata Alam (TWA) Mangrove, Angke, Jakarta Utara, (25/3).

Elif yang merupakan mahasiswa IPB University dari Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) ikut serta mendampingi siswa JIS. Sebanyak 17 siswa JIS yang tergabung dalam Laut Indah Club JIS mengikuti kegiatan ini.

Ia menuturkan, kegiatan dimulai dengan menanam bibit mangrove dari spesies Rizhopora sp. Lokasi penanaman merupakan bekas tambak ikan dan sekarang dibebaskan untuk ditanami mangrove.

“Ngabuburit yang seru, menyenangkan dan bermanfaat. Melakukan gerakan peduli mangrove serta clean up. Jarang sekali ada anak sekolah yang berinisiatif untuk melakukan kegiatan seperti ini,” ujar Elif yang juga anggota SLI.

Selesai kegiatan penanaman dilanjutkan dengan aksi bersih sampah yang tersangkut di akar-akar mangrove. Lalu kegiatan ditutup dengan kuis dan pemberian merchandise dari SLI.

“Semoga makin banyak generasi muda yang peduli kepada lingkungan, baik itu hutan maupun wilayah pesisir dan laut. Semoga teman-teman JIS khususnya Laut Indah Club JIS dapat menjadi pionir,” tambah Elif. (*/Rz)