Laboratorium Fisika Dasar IPB University Layani Praktikum Siswa SMP IT Insantama

Laboratorium Fisika Dasar IPB University Layani Praktikum Siswa SMP IT Insantama

laboratorium-fisika-dasar-ipb-university-layani-praktikum-siswa-smp-it-insantama-news
Berita

Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Insantama Leuwiliang, Bogor melakukan praktikum fisika di Laboratorium Fisika Dasar, Teaching Lab, Departemen Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University (17/3). Siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini adalah peserta didik kelas 8 dan kelas 9 dengan total 73 siswa.

Tidak hanya siswa, sebanyak 7 orang guru pendamping ikut pada kegiatan praktikum ini. Mereka mendapatkan empat materi praktikum, yaitu cermin cekung dan cermin cembung, gelombang berdiri pada tali, rangkaian listrik seri dan parallel serta Hukum Archimedes.

“Selain bagi mahasiswa IPB University, kami juga memberikan pelayanan kepada siswa-siswa SMA atau SMP yang akan melakukan aktivitas praktikum fisika. Laboratorium ini juga terbuka bagi para guru untuk mendapatkan pelatihan guna meningkatkan kompetensi mereka,” ujar Dr Heriyanto Syafutra, Kepala Laboratorium Fisika Dasar.

Untuk mendukung hal tersebut, saat ini Laboratorium Fisika Dasar memiliki peralatan praktikum yang lengkap. Persyaratan yang diperlukan untuk melaksanakan praktikum di lab pun cukup mudah. “Cukup bersurat ke Departemen Fisika, jika waktu pelaksanaan tidak bentrok dengan jadwal praktikum mahasiswa, maka laboratorium dapat digunakan, ” ujarnya.

Sebelum melakukan aktivitas praktikum, para siswa dan guru mendapatkan kuliah singkat keempat materi tersebut. Kuliah materi cermin cekung, cermin cembung dan gelombang berdiri pada tali diberikan oleh Prof Akhiruddin Maddu, sedangkan kuliah materi rangkaian listrik seri-paralel dan Hukum Archimedes disampaikan oleh Dr Erus Rustami.

Setelah mendapatkan materi, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang beranggotakan lima orang setiap kelompok untuk melakukan aktivitas praktikum. Selama praktikum, para siswa didampingi oleh kakak asisten dari mahasiswa IPB University untuk memastikan mereka dapat melakukan praktikum dengan baik.

Happy, seorang siswa kelas 9 memberikan kesan dan pesannya. “Kegiatan praktikum ini membuat saya sangat senang karena banyak mendapatkan pelajaran baru yang tidak didapatkan di sekolah. Kami dapat melihat langsung dan menggunakan alat-alat ukur,” ungkapnya.

Ridha, siswa lainnya menuturkan, “Mempelajari fisika dengan langsung mempraktikkannya sangat menyenangkan, karena dapat membuktikan teori yang dipelajari di sekolah.” (*/Rz)