IPB University Launching Riset Aksi dan IPB Peduli Pasca Bencana di Kabupaten Cianjur

IPB University Launching Riset Aksi dan IPB Peduli Pasca Bencana di Kabupaten Cianjur

ipb-university-launching-riset-aksi-dan-ipb-peduli-pasca-bencana-di-kabupaten-cianjur-news
Berita

IPB University melalui Direktorat Riset dan Inovasi (DRI), Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromartitim (PMA) dan Pusat Studi Bencana (PSB) mengadakan Launching Riset Aksi dan IPB Peduli Pasca Bencana bertempat di Pendopo Kantor Pemerintahan Kabupaten Cianjur (30/3). Kegiatan ini memaparkan hasil kajian pasca gempa bumi di Kabupaten Cianjur oleh empat peneliti IPB University di antaranya Dr Doni Yusri, Muchammad Bachtiar MM, Dr Tin Herawati dan Dr Kastana Sapanli.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor IPB University bidang Riset, Inovasi dan Pengembangan Masyarakat Agromaritim, Prof Ernan Rustiadi mengatakan, IPB University telah melakukan berbagai langkah seperti riset aksi, penggalangan dana dan penyaluran bantuan ke berbagai tempat terkena bencana di Kabupaten Cianjur.

“IPB University berusaha untuk selalu hadir di pelosok negeri untuk memberikan inovasi penelitian dan berbagai program pengabdian yang bermanfaat langsung kepada masyarakat. IPB University juga terus berkomitmen untuk melanjutkan program pengembangan masyarakat seperti program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) di Kabupaten Cianjur untuk ke depannya,” ungkapnya.

Bupati Cianjur, H Herman Suherman, MAP mengapresiasi langkah cepat tanggap atas berbagai bantuan yang telah diberikan oleh IPB University. Menurutnya, empat inovasi riset yang telah dilakukan oleh IPB University akan diterima dan menjadi kebijakan pemerintah Kabupaten Cianjur dalam upaya recovery masyarakat terdampak bencana.

“Kabupaten Cianjur merupakan kabupaten terluas kedua di Jawa barat dan kaya akan produk pertanian. Harapan kami pasca bencana ini memberikan keberkahan dan perekonomian dapat segera pulih kembali dengan inovasi dari IPB University,” tuturnya.

Rektor IPB University, Prof Arif Satria menyampaikan bahwa IPB University hadir dengan beberapa peneliti untuk melaksanakan riset aksi dan IPB Peduli Pasca Bencana di kabupaten Cianjur. IPB University siap men-support Kabupaten Cianjur untuk menjadi kabupaten yang maju. Hal itu sesuai mandat IPB University, yakni memberikan impact dan kebermanfaatan langsung kepada masyarakat.

“Banyak inovasi IPB University yang dapat dikembangkan di Kabupaten Cianjur seperti cabai, bibit sayuran dan pepaya calina. Kita juga menyiapkan pemasaran produksinya juga agar hasil panennya nanti bisa dijual kembali ke IPB University. Impact-nya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupaten Cianjur,” ucapnya.

Pada kegiatan ini dilakukan Aksi IPB Peduli Pasca Bencana di Kabupaten Cianjur yang secara simbolis diterima oleh Kepala Desa Ciputri-Kecamatan Pacet, Kepala Desa Cirumput-Kecamatan Cugenang, Kepala Desa Gasol-Kecamatan Cugenang dan perwakilan pegawai Kebun Percobaan IPB di Pasir Sarongge. Langkah tersebut sebagai bentuk kepedulian IPB University terhadap bencana yang menimpa di Kabupaten Cianjur.

Selain itu, Prof Arif Satria turut melakukan kunjungan lapang ke Kebun Percobaan Pasir Sarongge. Area kebun percobaan ini juga menjadi tempat pengungsian masyarakat sekitar pasca terjadinya gempa di Kabupaten Cianjur.

Rahmat, salah satu satu masyarakat Desa Ciputri yang terdampak bencana mengucapkan rasa terimakasih kepada IPB University atas bantuan berupa sembako dan tempat tinggal sementara yang berada di area Kebun Percobaan Pasir Sarongge. (dr/Rz)