IPB University dan Shizuoka Professional University of Agriculture Lakukan Kesepakatan Kerjasama

IPB University dan Shizuoka Professional University of Agriculture Lakukan Kesepakatan Kerjasama

ipb-university-dan-shizuoka-professional-university-of-agriculture-lakukan-kesepakatan-kerjasama-news
Berita

IPB University dan Shizuoka Professional University of Agriculture menyepakati perjanjian kerjasama antar kedua pihak. Kegiatan ini dilakukan secara online (2/3).

Rektor IPB University, Prof Arif Satria mengatakan dunia ditantang oleh disrupsi besar seperti perubahan iklim, COVID-19 dan krisis geopolitik. Peningkatan kapasitas di bidang pertanian melalui pendidikan dan agama sangat penting untuk mengatasi hal ini.

“IPB University dengan senang hati berkolaborasi dengan Shizuoka Professional University of Agriculture untuk kekayaan pertanian. Kemitraan ini akan memungkinkan untuk bertukar pengetahuan, keahlian dan visi yang mengarah pada pengembangan solusi inovatif untuk mengatasi tantangan yang dihadapi sektor pertanian,” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa IPB University memiliki tiga misi penting. Yang pertama adalah bagaimana menyelenggarakan pendidikan modern dan berkualitas. Kedua, bagaimana mempromosikan penelitian dan inovasi. Ketiga, bagaimana memperkuat jangkauan masyarakat.

“Dan menurut saya tiga misi universitas di Indonesia itu harus dilaksanakan dan sudah sangat tepat bagi kita untuk memiliki kolaborasi antara IPB University dan Shizuoka Professional University of Agriculture sebagai keragaman profesional,” terang Rektor IPB University.

Ia berharap kolaborasi ini dapat saling memperkuat dan membawa dampak yang lebih bermanfaat bagi pembangunan berkelanjutan.

Sementara itu, Rektor Shizuoka Professional University of Agriculture, Shigehiko Suzuki menyampaikan bahwa saat ini, kita perlu membina generasi baru yang memiliki ketajaman bisnis untuk memastikan pertanian dan kehutanan terus menjunjung tinggi kehidupan yang berkelanjutan.

Ia menjelaskan bahwa Shizuoka Professional University of Agriculture didirikan pada tahun 1900 sebagai divisi pelatihan stasiun percobaan pertanian. Kemudian berubah menjadi perguruan tinggi yang menghasilkan hampir 10.000 lulusan pada masanya.

“Fokus kami adalah kepraktisan dan kreativitas dengan kurikulum yang dirancang tidak hanya untuk menanamkan keterampilan hortikultura tingkat lanjut. Tetapi juga untuk mengajarkan mahasiswa keterampilan pemrosesan, distribusi, penjualan dan manajemen bisnis yang diperlukan untuk pertanian dan kehutanan berkelanjutan,” tuturnya.

Selain itu, Shigehiko Suzuki mengatakan bahwa tujuan dari didirikannya perguruan tinggi Shizuoka Professional University of Agriculture ini untuk menghasilkan pemimpin yang mampu melestarikan dan menumbuhkan lingkungan dan tradisi masyarakat pedesaan.

“Kami ingin mengembangkan sumber daya manusia. Anda mungkin tahu Shizuoka menghasilkan berbagai produk pertanian yang diproduksi seperti melon, stroberi dan jeruk mandarin. Harapannya dengan kerjasama ini adalah IPB University dan Shizuoka Professional University of Agriculture akan berkontribusi pada pertukaran mahasiswa antara Jawa Barat dan Prefektur Shizuoka,” ucapnya. (Ns/Zul)