Fema IPB University Resmikan Rumah Ekologis, Wadah bagi Kreativitas Mahasiswa

Fema IPB University Resmikan Rumah Ekologis, Wadah bagi Kreativitas Mahasiswa

fema-ipb-university-resmikan-rumah-ekologis-wadah-bagi-kreativitas-mahasiswa-news
Berita

Fakultas Ekologi Manusia (Fema) IPB University meresmikan Rumah Ekologis di Kampus Dramaga Bogor, (21/3). Tujuan didirikannya Rumah Ekologis sebagai fasilitas sebagai wadah Organisasi Mahasiswa (Ormawa) untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa.

Dekan Fema IPB University, Prof Ujang Sumarwan mengatakan, IPB University telah memberikan contoh yang sangat baik mengenai penggunaan energi pengolahan, contohnya sapi perahan, pengelolaan sampah dan lainnya.

Menurutnya, Fema sangat bersemangat untuk mengikuti contoh apa yang sudah dilakukan oleh IPB University. Salah satu latar belakang pembangunan Rumah Ekologis ini untuk memberikan sebuah prototipe bagaimana orang-orang akan menggunakan bangunan ini meminimalkan penggunaan listrik untuk penerangan maupun sirkulasi udara.

“Ormawa merupakan sivitas akademika yang sangat penting, maka dari itu mereka perlu difasilitasi untuk ruangan yang nyaman hingga mereka bisa lebih produktif. Ke depan akan dikembangkan juga kegiatan lainnya untuk konsultasi gizi, tumbuh kembang anak, pemberdayaan konsumen dan masyarakat,” terang Prof Ujang.

Prof Arif Satria, Rektor IPB University mengucapkan selamat atas diresmikannya Rumah Ekologis sebagai wadah untuk ormawa dan sivitas akademika Fema IPB University. Sebelum menjadi rektor, Prof Arif pernah menjabat sebagai Dekan Fema pada tahun 2010-2017. Pada periode tersebut, ia telah mendirikan BNI-Fema Lounge yang bertempat di Pusat Layanan Informasi dan Aktivitas Mahasiswa Fema (Plasma) IPB University.

“Tujuan dari adanya BNI-Fema Lounge ini untuk memfasilitasi ruang diskusi yang nyaman serta mempermudah akses mendapatkan makanan yang sehat di food court arena dengan transaksi yang cepat menggunakan tap cash,” terangnya.

Prof Arif berharap, Rumah Ekologis dapat menjadi tempat yang bermanfaat dan bisa menjadi ruang informal, tempat yang mampu memunculkan ide-ide yang bagus dari para ormawa dan sivitas akademika Fema IPB University.

“Harapannya, Rumah Ekologis ini bisa dikelola dengan baik dan bisa menjadi inspirasi untuk fakultas-fakultas lainnya di IPB University,” pungkasnya. (Ns/Rz)