STP IPB University Selenggarakan Demo Day/Business Matching & Expo Startup Festival Collaboration


IPB University melalui Lembaga Kawasan Sains dan Teknologi (LKST) bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) serta didukung oleh Bank BRI selenggarakan Demo Day/Business Matching & Expo Startup Festival Collaboration, 22/11 bertempat di IPB International Convention Center (IICC), Bogor. 

Demoday/Business Matching merupakan proses peminangan antara dua pihak pelaku bisnis untuk mencari mitra bisnis, memperlancar perdagangan dan memfasilitasi permodalan. Sebanyak 41 tenant binaan STP IPB University hadir dalam Business Matching dan 16 tenant melakukan paparan Pitch Deck serta 21 tenant melakukan Expo Produk di selasar Ballroom IPB International Convention Center (IICC), Bogor.

Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop UKM, Ir Siti Azizah, MBA menyatakan bahwa Indonesia berada di posisi ke-6 sebagai negara yang memiliki startup di dunia. Ia menekankan bahwa membangun startup bukanlah hal yang mudah. Namun, menjadi startup sangat mulia karena bisa membantu masyarakat. Dalam membangun startup, sebutnya, harus mengetahui modal, regulasi dan pasar.

“Masalah yang sering muncul adalah strategi, sumber daya manusia (SDM) serta fasilitas yang dimiliki. Peningkatan kapasitas startup menjadi kegiatan Kemenkop UKM. Sebanyak 125 startup telah berhasil dibina dengan tujuh mitra lembaga inkubator. Kami sangat mengharapkan dukungan LKST IPB University untuk mendorong startup meningkatkan pengetahuan dan tumbuh menjadi pesaing yang positif,” imbuh Ir Siti Azizah, MBA.

Dr Rokhani Hasbullah dalam laporannya menyampaikan, pada tahun ini LKST IPB University bekerjasama dengan Kemenkop UKM untuk penguatan kapasitas startup dan UKM. Langkah tersebut dilakukan dengan kegiatan penyusunan business plan, business model canvas (BMC), workshop digital marketing, coaching/mentoring dan diakhiri dengan Demo Day/Business Matching dan ekspo produk tenant startup.

“Prinsip kemitraan bisnis di antaranya saling membutuhkan, saling menguatkan, serta saling menguntungkan. Harapannya semoga terjalin kerjasama startup dengan mitra baik dalam pemasaran maupun pembiayaan sehingga startup bisa tumbuh dan berkembang,” lanjutnya.

Hadir pula memberikan sambutan, Cristina Agustin selaku Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Kemenkop UKM. Ia menuturkan, dengan adanya kegiatan ini, tentunya bisa memberikan energi yang luar biasa, sehingga startup tumbuh jadi wirausaha yang tangguh dan ke depan bisa menjadi decacorn, bahkan unicorn dari Indonesia.

Sebagai Kepala LKST IPB University, Prof Erika B Laconi menerangkan, saat ini pihaknya memiliki 41 calon pengusaha sukses yang siap bekerjasama dengan mitra. Menurutnya, tugas IPB University mengkaji seluruh invensi yang akan menjadi inovasi. 

“Kami bertugas mendekatkan hasil karya IPB University untuk diaplikasikan dengan pola -pola pendampingan. Seorang CEO harus punya jiwa, daya juang yang gigih dan inovasi untuk terus berkembang dan tentunya melek teknologi,” tambahnya.

Sebelum paparan oleh tenant, Asisten Bidang Inkubator Bisnis, LKST IPB University, Deva Primadia Almada menjelaskan mekanisme tata cara pelaksanaan Demo Day/Business Matching. Setiap startup, kata dia, akan memaparkan pitch deck nya selama lima menit, kemudian calon mitra akan memilih startup yang diminati untuk difasilitasi diskusi. 

“Tim pendamping kemudian memfasilitasi kegiatan diskusi antara tenant dengan mitra di tiap meja. Hasil Demo Day/Business Matching kali ini terdapat lebih dari 20 surat minat pertemuan lanjutan antara mitra dengan tenant dan dua surat pernyataan minat kerjasama,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, dilaksanakan pula sekaligus penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama antara tenant dengan mitra industri. Antara lain 1) MoU Nectars - PT SII terkait pendanaan, pendampingan dan pemasaran produk; 2) MoU Direktorat Bisnis - Si Cemplon terkait pemasaran produk; 3) MoU Springfood - Serambi Botani terkait pemasaran produk; 4) Rumah Pangan Nusantara - Serambi Botani terkait pemasaran produk; 5) MoU Infiniti - PT Media Pangan terkait promosi dan pemasaran produk.

Turut hadir dalam acara ini perwakilan Dinas Koperasi Kota Bogor; mitra Industri/pembiayaan (BRI, BNI, Mandiri, BSI, BRI, PT Serambi Botani, PT Ecodoe, Si Petek, Sobat Foundation, PT Dua Karya Berkah, PT Pegadaian, Direktorat Bisnis, PT Agroverse Foundation, PT Surveyor Indonesia, Kecipir.com, PT Agree, PT PNM dan PT Media Pangan) dan tenant binaan STP IPB University. (*/Rz)



Published Date : 23-Nov-2022

Resource Person : Dr Rokhani Hasbullah, Ir Siti Azizah, MBA, Prof Erika B Laconi

Keyword : Startup binaan IPB, Demo Day/Business Matching, LKST IPB

SDG : SDG 4 - QUALITY EDUCATION, SDG 8 - DECENT WORK AND ECONOMIC GROWTH, SDG 9 INDUSTRY, INNOVATION AND INFRASTRUCTURE