Dosen Mengabdi IPB University Ajarkan Pemasaran Digital untuk Pengembangan Pasar UMKM


Selama pandemi COVID-19 ini, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia tak sedikit yang merosot omsetnya.  Pada kegiatan Dosen Mengabdi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University di Desa Neglasari, Bogor,  12/9, Intani Dewi, SPt, MSc, MSi, dosen IPB University dari Program Studi Manajemen Agribisnis Sekolah Vokasi, memberikan pemaparan dan pelatihan mengenai pemanfaatan pemasaran online serta tata cara pendaftaran atau penggunaan media sosial dan e-commerce sebagai sarana onmarketing kepada para UMKM di desa tersebut.

Intani Dewi dalam presentasinya mengatakan bahwa pemasaran online saat kondisi pandemi COVID-19 seperti ini dapat menjadi alternatif terbaik sehingga mampu meminimalisir risiko kontak fisik secara langsung antara penjual dan pembeli. Selain itu, pemasaran online juga dapat memperluas jangkauan pasar sehingga mampu meningkatkan penjualan produk UMKM.

“Pemasaran online yang perlu dilakukan oleh UMKM yaitu dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Selain itu, UMKM juga dapat memanfaatkan e-commerce yang sedang tren di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak sebagai media pemasaran online untuk memperluas pasar sehingga dapat meningkatkan pendapatan,” ujarnya. (**/Zul)



Published Date : 13-Sep-2020

Resource Person : Intani Dewi, SPt, MSc, MSi

Keyword : Pemasaran Online, Dosen Mengabdi, IPB University, Sekolah Vokasi, dosen IPB

SDG : SDG 8 - DECENT WORK AND ECONOMIC GROWTH, SDG 12 - RESPONSIBLE CONSUMTION AND PRODUCTION