MPKMB IPB University Pelopor Orientasi Mahasiswa Baru secara Online


Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) IPB University kembali membuat terobosan dengan inovasi baru. Pasalnya, MPKMB IPB University pada tahun ini meluncurkan sebuah game yang bernama Agriventure (5/9).

Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB University, Dr Alim Slamet menerangkan kegiatan MPKMB tahun ini dilaksanakan sepenuhnya secara online. “Oleh sebab itu, diperlukan sebuah inovasi teknologi yang dapat menunjang kegiatan MPKMB IPB University yang dilaksanakan tahun ini,” terangnya.

Game Agriventure merupakan game yang menggunakan konsep bermain sambil belajar secara online. Game Agriventure berkolaborasi dengan Webtoon MPKMB IPB University yang bertujuan untuk mengenalkan tempat-tempat iconic yang ada di kampus IPB University kepada para mahasiswa baru.

Sesuai dengan jati diri IPB University sebagai Green Campus, permainan ini juga mengajak para mahasiswa baru untuk peduli dengan lingkungan sekitarnya. Agriventure terdiri dari beberapa mini game dan dilengkapi dengan penghargaan di setiap mini gamenya.

Proses pembuatan permainan ini berlangsung kurang lebih satu bulan dengan kolaborasi antara panitia MPKMB dengan developer game yang salah satunya merupakan mahasiswa dari departemen Ilmu Komputer IPB University. Agriventure dirilis pada hari kelima berlangsungnya MPKMB IPB University yaitu pada tanggal 5 September 2020. Permainan ini dapat diakses pada laman ipb.link/mpkmb-game dan akan segera dirilis pula di Google Play Store.

“Diharapkan dengan adanya permainan Agriventure, MPKMB IPB University menjadi pionir dalam melaksanakan masa pengenalan kampus yang inovatif serta kreatif di Indonesia,” terang Dr Alim. (RA)



Published Date : 07-Sep-2020

Resource Person : Dr Alim Setiawan Slamet

Keyword : mahasiswa IPB, MPKMB IPB, Agriventure, minigame

SDG : SDG 4 - QUALITY EDUCATION