IPB University Selenggarakan Masa Pengenalan Mahasiswa Baru Secara Online


Dalam rangka mengenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru, IPB University menyelenggarakan Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) secara daring. Rangkaian MPKMB IPB University tahun 2020 dilaksanakan selama lima hari yaitu 1-5 September 2020.

Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria mengucapkan selamat datang bagi mahasiswa baru IPB University Tahun Akademik 2020/2021.  “Selamat datang dan selamat bergabung di IPB University, selamat menjalankan tugas-tugas sebagai mahasiswa,” ujarnya ketika membuka MPKMB IPB University, (1/9).

Lebih lanjut, Prof Arif Satria menerangkan kegiatan MPKMB ini penting untuk kegiatan orientasi mahasiswa supaya mahasiswa baru dapat beradaptasi dengan lingkungan di kampus IPB University.

“Mahasiswa adalah terminal akhir dalam pembentukan karakter sehingga setelah itu akan sulit untuk melakukan perubahan. Oleh sebab itu, silakan mahasiswa baru bisa memanfaatkan masa orientasi ini dengan semaksimal mungkin,” tambah Prof Arif Satria.

Prof Arif Satria juga mengajak para mahasiswa supaya berorientasi untuk masa depan. Di samping itu, ia juga mengajak supaya para mahasiswa lebih bisa responsif terhadap perubahan yang sedang terjadi. Hal ini dimaksudkan supaya para mahasiswa bisa sukses di masa mendatang.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya turut menyambut kehadiran mahasiswa baru di IPB University. Dalam kesempatan yang sama, Nadiem juga menjelaskan tentang Merdeka Belajar.

“Sekarang mahasiswa tidak hanya berfokus pada kuliah di kelas, tetapi mahasiswa dapat belajar melalui kegiatan pengabdian masyarakat, magang maupun menghasilkan karya-karyanya sendiri. Dengan demikian, konsep Merdeka Belajar ini memberikan kebebasan bagi mahasiswa untuk berkarya dan berinovasi,” jelasnya.

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini seluruh kegiatan MPKMB dilakukan secara daring. Meskipun dilakukan secara daring, MPKMB tahun ini diharapkan tetap dapat memberikan pencerahan tentang life style di kampus IPB University. (RA)



Published Date : 01-Sep-2020

Resource Person : Prof Dr Arif Satria, Nadiem Anwar Makarim

Keyword : MPKMB IPB, mahasiswa IPB, IPB University